Tuesday, February 21, 2017

Perbedaan Penggunaan Coil Rapat dan Renggang (Spacing)

Kali ini saya akan berbagi pendapat saya dalam menggunakan coil yang di buat rapat dan renggang pada vape. Dalam penggunaan vape, coil merupakan pemanas yang digunakan untuk menguapkan liquid. Dalam penggunaanya coil akan sangat mempengaruhui flavor dan cloud yang dihasilkan.

Dari waktu ke waktu penggunaan vape berkembang dengan sangat pesatnya. Sebagai manusia kita diberikan akal pikiran untuk berkembang. Ingin mencoba sesuatu hal yang baru, tidak itu-itu saja. Saat pertama kali saya memakai vape, saya hanya mengenal coil yang dibuat secara rapat, tetapi untuk sekarang saya juga mengetahui coil yang dibuat renggang. Berikut ini adalah Perbedaan Penggunaan Coil Rapat dan Renggang (Spacing)

Perbedaan Penggunaan Coil Rapat Dan Renggang
Tentang Volume

Coil yang dibuat renggang memiliki jarak optimal yang aka membuat liquid bisa tertampung banyak pada permukaan kapas. Cairan memiliki meniscus pada suatu objek padat bila meniscus antar kaat bertemu, kohesifitas cairan kan membuat volume liquid pada permukaan kapas menjadi lebih banyak dibandingkan volume yang terdapat pada celah coil yang rapat atau terlalu renggang. Hal ini dapat dibuktikan pada gambar di bawah ini.
Perbedaan Penggunaan Coil Rapat dan Renggang (Spacing)
Dari gambar di atas coil dibuat menjadi terlalu renggang, renggang (optimal) dan rapat. Nah yang ditandai tersebut merupakan coil yang dibuat renggang yang optimal. Anda dapat melihat bahwa liquid dapat tertampung banyak jika anda menggunakan coil yang dibuat renggang.
Baca juga: Cara Membersihkan Coil Yang Gosong Dan Berkerak
Tentang Flavour dan Cloud
Gambar di atas menjelaskan bahwa coil yang dibuat renggang akan menghasilkan flavor yang lebih nendang dibandingkan dengan coil yang rapat tetapi untuk cloud (Vapor) lebih sedikit. Hal ini karena coil yang di buat renggang, permukaan coil yang menyentuh kapas lebih sedikit.
Perbedaan Penggunaan Coil Rapat dan Renggang (Spacing)
Dari pengalaman yang sudah saya coba untuk coil renggang dengan ukuran 26 AWG dengan mode watt, flavour yang didapatkannya pun sama dengan yang dibuat rapat. Berbeda jika kita menggunakan kawat dengan ukuran yang lebih besar seperti 24 AWG dan mode yang digunakan Temperature Control (TC), Flavournya lebih nendang.

Tentang Kapas (WICK)

Seumpama antara pengguna coil rapat dan renggang sama-sama terkena dryhit, kapas mana yang dapat putus terlebih dahulu? Kalau menurut saya yang putus duluan adalah coil rapat. Karena panas yang dihasilkan coil hanya terpusat pada satu titik saja, berbeda dengan coil yang dibuat renggang, panasnya tersebar rata.
Baca juga: Merk Kapas Organik Untuk Vape
Berapa jarak space yang paling optimal apabila ingin pakai coil renggang jika dihitung dalam milimeter? Saya tidak tahu pastinya, saya gak pernah ngukur pakai penggaris dan saya kalau membuat coil renggang cuma pakai insting saja. Jadi silahkan berkreasi sendiri. Hehe

Bagaimana kalau menurut anda? Ingin pakai coil yang rapat atau renggang?
Untuk selera kembali ke anda. Lebih mantap yang rapat atau renggang.

15 comments

Gan klo pake coil dari klepton bagus gak ?

yang rapet biasanya lebih enak om... hehe... but thanks tulisannya...

Bagus gan, disesuaikan dengan mod agan juga. soalnya kalau pakai clapton butuh power yang lumayan besar

Iya sih om, ada gesek-gesekannya gitu. haha

Coil Renggang kalau lilitannya Sesuai cloudnya juga gak kalah gan dari coil rapet
*thanks untuk artkelnya gan, semoga makin sukses & makin banyak artikel yang bisa dibuat untuk membantu Vaporizer Yang Kebingungan (y)(y)(y) hihi

mantap gan, saya belajar banyak dari artikel agan

Suhu..saya pakai mod finder 250 dan atty mage combo rdta. Pertanyaan saya ;
1. Untuk rasa yang maksimal sy pakai wire apa dan build set upnya bagaimana? Sekarang saya pakai khantal A1 24awg, 3mm, 6 wraps (0.26 ohm, 3.93V & 15.3A)
2. Untuk TC, wire yang tepat apa?
3. RDA rekomendasi suhu apa? Saya bingung antara mau beli Csmnt, Tokugawa, TM, Recoil, Goon atau Reload.

Gan punya saya tidak keluar asap?
Gmana itu gan solusinya.

Gan punya saya tidak keluar asap?
Gmana itu gan solusinya.

Pakai khantal 24g 5-6 lilit 3mm dibuat space.
Mage combo dibuat rda lubang atas buka 2,lbang bawah mentok kanan..
Trus main di 4.1v..
Menurut pengalaman ane itu settingan pas di lidah ane..hehehe

mau tanya ni bang?
gw mo bli vapor merek DotMod mecha(klo gk slah) asli uk cz dia dibeliin sma ka2nya, gw bli itu Cz modelnya bagus ,gw ngliatnya suka (cz gw sm dia sering join si DotMod), dan murah (200rb + jd jongos ngrjain TA smester depan)

nah si dotmod itu bagusnya di apain ya? lilitan brapa, kawatnya yg bagus apa, liquitnya yg enak apa, & batrenya yg bagus apa (batre bwt backup)? klo bisa pengeluarannya jgn lebih 300rb ya bang?
Tanks banget atas perhatiannya..

Agan kalu antara kawat kanthal 24 dan ni80 24 mendung yang mana kalo untuk flavour mod saya tesla i3 atom goon v1 24mm

Bener banget bang.. aku pake ni80 5 lilit diameter 3 lebih kerasa vlafournya tapi main watt 60 keatas dikit kalo 40 kebawah ya bisa dibilang ga kerasa flavour sama cloudnya


EmoticonEmoticon