Saturday, February 11, 2017

Cara Escribe Mod Dna Untuk Setting TC (Disertai Foto)

Apabila anda mempunyai mod dengan chip DNA dan ingin melakukan setting escribe bisa membacanya pada artikel berikut ini. Escribe pada mod DNA ini dapat digunakan untuk memaksimalkan performa dari mod. Settingan Escribe ini bisa digunakan untuk Therion 75, 133, 166, Finder 75, 133, 167, DNA 200 DNA 250 Ataupun yang lainnya. Saya sendiri tidak hafal secara keseluruhan. Yang penting si MOD memakai chip dari evolv seperti DNA 60, 75, 200 maupun 250.

Anda dapat mengaktifkan atau menggunakan Temperatur control (TC), mengedit profile ataupun mengubah tampilan screen dan lain sebagainya. Yang jelas setting escribe ini menurut saya memang perlu dilakukan karena bisa membuat firing mod menjadi lebih galak.

Yang perlu disiapkan dalam mensetting escribe adalah:
1. Laptop atau PC
2. Kabel USB
3. Mod yang pastinya dengan Chip DNA
4. Software atau aplikasi escribe
5. Kopi, kalau anda tidak suka kopi dapat digati dengan susu. haha

Langkah-langkah setting escribe pada Mod DNA:

  1. Nyalakan PC anda
  2. Download software atau aplikasi escirbe. Anda dapat mendowloadnya langsung di sini:
    Aplikasi Escribe 
  3. Lalu instal seperti aplikasi yang lain. Ini gratis, tidak perlu memasukan key. 
  4. Setelah selesai tancapkan mod anda dengan PC. Nanti otomatis mendeteksi chip yang agan gunakan. Nah disitu anda bisa mengotak atik sendiri apa yang perlu anda setting. 
  5. Seperti ganti tampilan screen tata letak, tampilan display seperti nilai ohm, volt, temperature, kecerahannya dan lain sebaganya. 
  6. Setelah selsai tinggal klik Upload Settings To Device

Cara setting TC Pada MOD DNA
  1. Build coil renggang menggunakan kawat yg support TC, seperti SS, NI200, dll, (tidak perlu di dry burn), pasang kapas dan pasang atomizer ke mod, kemudian basahkan dengan liquid.
    Apa build coilnya harus renggang? Tiak, rapat pun bisa tapi lebih rekomended build renggang, dengan alasan coil tidak cepat mencapai limit suhu dan suhu cepat turun, hasilnya pun akan lebih nikmat. 
  2. Jalankan escribe, colok mod ke pc/ laptop anda. Seperti langkah di atas. 
  3. Tentukan profil untuk atomizer yang terpasang, terserah profil berapa.
      
    Cara Escribe Mod Dna Untuk Setting TC (Disertai Foto)
    Cara Setting Escribe Pada Mod DNA
  4. Kasih nama di kolom nama atau bisa menggunakan custom screen, bikin custom screen menggunakan aplikasi berikut ini: Aplikasi Custom Screen
    Apabila anda males buat sendiri anda dapat mendownload custom screen yang yang dibuat oleh teman-teman kita di sini: Kumpulan Custom Screen Mod Dna
    Setelah itu klik uplod dan pilih image yang telah dibuat tadi. 
  5. Isikan angka power yang diinginkan di kolom power, klik thick box temperature dan isikan angka temperature yang diinginkan, ideal mulai 420F atau 220C (tergantung selera).
    Penjelasan:
    420F itu limit suhu maksimal coil, analoginya begini motor harus menempuh jarak 420 meter (suhu maksimal). Kecepatan motor = watt. Semakin besar buka gas semakin cepat sampai ke tujuan. Semakin pelan ya semakin lama sampainya.
    Misal: di settting 420F maka coil akan bertahan di suhu 420F mod akan menjaga suhu coil maksimal di 420F dengan cara menaik turunkan watt secara otomatis. Efeknya semakin tinggi suhu semakin panas uapnya. 
  6. Pilih coil material sesuai dengan jenis coil yang dipakai, isikan preheat power, preheat punch dan preheat time sesuai selera, untuk penjelasan preheat power, punch dan time dapat dilihat di sini: Pengertian Preheat Power, Preheat Punch, Punch Time 
  7. Setelah selesai klik Uplod ke mod dengan cara klik "Uplod Setting To Device" 
  8. Sekarang bagian terpenting, biar tidak terjadi slow firing. klik tombol "atomizer analyzer", perhatikan angka resisten yg di bold. liat angka tertinggi yg ditampilkan.

    Cara Escribe Mod Dna Untuk Setting TC (Disertai Foto)
  9. Klik tombol "Override Ohms", klik "Yes" dan isikan angka resisten yg di bold tadi di kolom yg disediakan, klik ok , tidak perlu lagi klik upload, silahkan tes firing, setingan yag benar watt akan stabil di power yang kita setting sampai kapas mulai kering baru wattnya turun, jika coil dingin maka dia akan langsung ke watt preheat yang kita setting baru berangsur turun ke power yang kita setting.
  10. Selesai
Terus kalau pakai wire clapton perlu di escribe lagi gak?
Yang perlu di escribe itu adalah materialnya (ss/ni200/Nife dsb), bukan bentuk coilnya. mau single coil, dual, quad, octa, clapton, flat, yang dikenali adalah bahan/ material.

Agak rumit ya? Memang kalau baru pertama kali mencoba agak sedikit rumit, tapi klau anda sudah terbiasa dengan escribe ini akan terlihat mudah kok. Semoga tutorial cara setting escribe ini dapat bermanfaat bagi anda.