Tuesday, January 31, 2017

Cara Mengatasi Check Atomizer Pada Vape

Device anda kadang mengalami warning “check atomizer” atau “short”? ada yang bilang ketumpahan liquid, ada yang bilang karena pake atomizer clone, dll. Sebenarnya kenapa sih? Masalah ini sering muncul dan pastinya membuat anda jengkel karena gak bisa lagi vaping.

Selanjutnya anda pasti bertanya-tanya kenapa vape saya muncul check atomizer terus. Sebelum mencari solusi, kita cari dahulu bukan hanya penyebab, tetapi apa arti dan root cause (sebab utama) check atomizer. Check atomizer terjadi karena mod tidak mendetect atomizer. Kok tidak detect? Kan sudah dipasang rda/ rtanya? Mari kita bahas satu persatu permasalahannya:
  1. Yang pertama biasakan baca manual book. Kalau tidak ada, buka web resmi mod anda untuk melihat spesifikasinya. Tidak ada juga? Googling untuk memastikan spec nya dengan membuka beberapa web luar yang memberikan spesifikasi mod. Gunanya untuk apa? Lihat minimum resistance, apakah coil buid anda masuk range? Siapa tau ohm nya kerendahan. Mod 2016 keatas biasanya minimum resistance harus diatas 0,15 ohm.  
    Cara Mengatasi Check Atomizer Pada Vape
  2. Pastikan coil build anda sudah benar. Baut wire sudah kencang, coil tidak menyentuh dinding atau lantai atomizer, positive pin 510 atomizer kencang. Jika anda punya ohm meter, anda bisa memastikan no 1 dan 2 diatas, kalau ohm terbaca dengan benar maka atomizer anda sudah ok. 
  3. Pastikan atomizer sudah kencang ke mod. Kalau kendor kadang positive pin 510 tidak sampai ke mod. 
  4. Pin 510 mod basah oleh liquid. Karena basah, maka negative dan positif mod bersatu. Gunakan tisu untuk membersihkan dan memastikan kalau memang ada liquid, bisa terlihat dari basah tidaknya tissue untuk memastikan 510 mod benar-benar kering. 
  5. Positive pin 510 mod masuk kedalam, atau istilahnya “mblesek”. Hal ini ada beberapa sebab. Bisa karena liquid menyebabkan lengket dan pin tidak mau balik sehabis ditekan, bisa karena memang build quality mod yang jelek, per yang lemah, dll. Solusinya coba tekan-tekan positif pin mod dengan obeng kecil untuk mengembalikan keposisinya. 
  6. Kasus khusus, untuk beberapa mod, positive pin 510 yang terlalu menonjol juga bisa menyebabkan no atomizer. Jika memang 510 pin atomizer sudah maksimal dikencangkan tetapi masih sangat menonjol, coba kencangkan atomizer, lalu putar balik kendorkan sedikit. Seberapa kendor, tergantung jenis mod nya. Ada yang ¼ putaran sudah detect, ada yang ½ putaran baru detect. Cara yang paling baik, ketika mengendorkan sambil dipencet firing. Begitu atomizer mengeluarkan uap atau ada bunyi firing di atomizer (bunyi liquid terbakar), berarti sudah tidak check atomizer lagi. 
  7. Terakhir, coba ganti dengan atomizer lain. Apakah semua atomizer mengalami check atomizer? Jika iya, maka memang koneksi 510 mod bermasalah. Penyebabnya bisa karena 510 sudah short (positif dan negatifnya bersentuhan), bisa karena salah satu kabel penghubung kebaterai dan atau chip putus, dan hal-hal semacam itu. Bisa juga ternyata karena memang chip nya error. Untuk no 7 ini, sebaiknya anda bawa ke orang yang berkompeten untuk service mod. Jika ingin coba-coba, silahkan buka mod, dan perhatikan apakah ada kabel yang putus atau koneksi 510 yang bermasalah. Cukup sampai disitu saja. Jika anda ingin utak-atik chip, diperlukan keahlian khusus. Kecuali anda sudah tau resiko chip bakal rusak total jika salah-salah. Silahkan dicoba.
Itu tadi artikel tentang cara mengatasi masalah dari vape anda yang muncul check atomizer. semoga dapat membantu anda.

1 comments

iya gan ,gear ane tesla nano ..RDTA bawaannya sering no atom
selama ini ane fix pake cara ke-6 padahal ane blm baca blog ini .

walopun udah fix pake cara 6 , apakah ada solusi buat RDTA yng case nya kyk gtu ? adakah harus ada yng di ganti, ato di sesuatu kan ? ty


EmoticonEmoticon