Friday, September 30, 2016

Macam Charger Baterai Untuk Vapor

Macam charger baterai untuk vapor. Seiring penggunaan vaporizer, daya yang terdapat didalam baterai akan berkurang yang menyebabkan uap dan flavor yang dihasilkan tidak optimal. Oleh karena itu sebaiknya beterai harus di charger terlebih dahulu. Biasanya mod vaporizer terdapat lubang usb yang dapat digunakan untuk mencharger. Tetapi dalam mencharger baterai lewat mod sebaiknya dilakukan jangan terlalu sering karena hal ini dapat menyebabkan chip atau betrai cepat rusak.

Dalam mencharger baterai vapor sebaiknya menggunakan charger eksternal. Banyak merk charger yang dijual di vape shop maupun toko online, dari yang harganya murah sampai yang mahal. Harga charger baterai vapor ditentukan dari kualitas barangnya. Semakin mahal harga charger kemungkinan kualitasnya juga semakin bagus dan waktu untuk menchargernya juga semakin cepat.

Ketika anda ingin membeli charger baterai untuk vapor, anda dapat mempertimbangkan berapa budget yang anda miliki dan memilih kualitas yang sesuai anda inginkan. Charger Battery 18650 18500 18350 14500 16340. Berikut ini adalah macam-macam merk charger dari harga yang murah sampai yang mahal. 

1. Charger Single Slot Universal 18650
Charger Single Slot Universal 18650
Charger ini dapat digunakan untuk 1 slot baterai yang dipasaran harga untuk jenis ini sekitar 20.000-30.00 rupiah. 

2. Charger Baterai 2 slot
Charger Baterai 2 slot
Charger ini bisa untuk mencharger 2 battery sekaligus yang dilengkapi dengan lampu indikator. Harganya sekitar 40.000-50.000

3. XTAR
charger Xtar Untuk baterai vapor
Xtar cukup dikenal dikalangan para vapers, karena charger dengan merk xtar mempunyai kualitas yang cukup bagus. Xtar menyediakan dari 1 slot, 2 slot sampai 4 slot dan terdapat berbagai macam seri. Untuk harganya dari 80.000 sampai 350.000 tergantung fitur dan berapa slot baterai. 

4. EFEST SODA
Charger baterai vapor Efest Soda
Charger efest soda kualitasnya juga dapat dikatakan bagus, karena memiliki firur-fitur yang banyak. Salah satunya adalah kettika baterai sudah penuh, charger ini akan menghentikan pengisian energi ke dalam baterai. Harga untuk charger di atas sekitar 150.000 rupiah.

5. MXJO
Charger baterai vapor MXJO
Untuk anda yang mencari charger untuk 3 slot baterai dapat menggunakan charger merk MXJO ini. Harga dipasaran sekitar 350.000 rupiah. Charger baterai ini sangat cocok sekali dengan baterai MXJO, karena satu merk.

6. NITECORE
Charger baterai vapor Nitecore
Nitecore merupakan charger yang sangat terkenal untuk mencharger baterai vapor anda. Nitecore juga mengeluarkan berbagai seri seperti Xtar. Dari pengalaman para vapers, Charger ini lumayan cepat untuk mengisi baterai sampai penuh, sekitar 3-4 jam. Untuk harganya mulai dari 200.000 sampai 350.000 rupiah, tergantung dari seri ataupun berapa slot baterai.

Saran: Untuk anda yang ingin membeli charger sebaiknya memilih charger yang kualitasnya bagus, terdapat fitur stop charging ketika baterai full, sehingga baterai tidak cepat rusak. Jangan hanya karena alasan harganya murah tapi malah merusak baterai.

Tips memilih charger yang baik
Ciri-ciri charger Li-ion yang baik digunakan :

  1. Mempunyai fitur CC/ CV (constant current/ constant voltage) atau minimal dapat mensimulasi CC/ CV.
  2. Fase 1 : Mengeluarkan tegangan variable, Namun dengan arus yang konstan sesuai dengan yang tertulis dichargernya (misalnya 0.5A, 1A). Ini disebut fase Constan Current.
  3. Fase 2 : Setelah tegangan didalam baterai sampai pada voltase 4.2V, maka charger menstabilkan tegangan dan terus menahan tegangan baterai pada 4.2V agar tidak over voltage, lalu secara perlahan menurunkan dayanya sampai tahap terminasi. ini yang disebut fase Constant Voltage.
  4. Termination Current yang baik adalah senilai 100ma kebawah. Semakin kecil nilai terminasi, semakin lama durasi pemakaian baterai, karna daya baterai semakin terisi penuh.
  5. Temperature baterai tidak terlampau panas saat diisi. (Dibawah 50c)
  6. Apabila charger mempunyai fitur trickle charging, maka sebaiknya dipilih yang mempunyai arus dibawah 0.5ma agar baterai tidak overcharge. (kaskus)

Untuk informasi selengkapnya anda dapat mencarinya di website resmi charger tersebut. Semoga dengan adanya artikel tentang macam-macam merk charger baterai untuk vapor ini dapat menjadi bahan pertimbangan saat anda ingin membeli charger.
Read More

Friday, September 16, 2016

Merk Kapas Organik Untuk Vapor

Jenis kapas yang digunakan untuk vapor tentunya dipilih yang organik. Tentunya ini dipilih berdasarkan alasan untuk kesehatan para pengguna personal vaporizer. Kapas organik tentunya tidak mengandung bahan kimia seperti bahan pemutih dan saat penanaman serta proses produksinya juga tidak menggunkan bahan kimia.

Menurut Eyhorn et al. (2006) standar untuk pertanian kapas organik adalah tidak boleh menggunakan pupuk an-organik sama sekali (misalnya: urea, NPK, DAP); tidak boleh menggunakan pestisida yang berasal dari bahan kimia (insektisida, fungisida), atau hormon penumbuh tanaman yang berasal dari bahan kimia sintetis; tidak boleh menanam varietas yang mengandung GMO, misalnya Kapas Bt; melakukan rotasi tanaman (tidak boleh menanam kapas dalam dua musim tanam berturut-turut) dan melakukan tumpang sari; menanam tanaman pelindung/ batas untuk mencegah tetesan pestisida sintetis dari tanaman di sebelahnya; melakukan pencatatan dan dokumentasi secara tertib untuk keperluan inspeksi dan sertifikasi.

Sementara pada pertanian organik, petani seringkali terkendala dengan rendahnya produksi karena penanaman kapas organik dilakukan secara alami tanpa adanya penambahan bahan kimia,oleh karena itu harga untuk kapas organik menjadi lebih mahal. Produk kapas organik sebenarnya digunakan untuk baju, produk-produk kesehatan seperti diapers, kapas kecantikan, cotton puff, pembalut wanita, cotton buds, handuk, selimut, maupun sprei.

Merk Kapas Organik Untuk Vapor

Merk kapas organik untuk vapor yang sering digunakan:
1. Kapas Muji
2. Kapas Koh Gen Do
3. Kapas Kendo

Baca juga: Kapas Medisoft Untuk Vapor

Ciri-ciri kapas organik adalah warnanya bukan putih bersih, melainkan agak butek kecoklatan, warna tersebut berasal dari serat alami kapas tanpa melalui proses pemutihan. Apabila di dalam kapas terdapat bahan kimianya seperti bahan pemutih, flavor yang dihasilkan akan berasa aneh. 
Kapas jepang premium organik dengan kualitas terbaik untuk vaping.
Ciri dan Kelebihan kapas ini adalah:
1. 100% Japanese Organic Cotton
2. Tidak pakai pemutih
3. Bebas pestisida
4. Tidak berasa kapas waktu di vaping
5. Lebih tahan panas dibanding kapas jepang biasa (tidak mudah gosong)
6. Daya serap liquid lebih tinggi
7. Daya tahan menyimpan liquid lebih lama
8. Cocok digunakan untuk RDA & RDTA.

sumber: 
Eyhorn, F., S.G. Ratter, and M. Ramakrihnan. 2006. Organic cotton crop guide. FiBL. Research Institute of Organic Agriculture. Swiss Agency for Development Cooperation (SDC). Switzerland. 66pp
Read More

Thursday, September 15, 2016

Tips Memilih Dan Membeli Vapor

Tips memilih dan membeli vapor. Pastikan Anda terlebih dahulu mengenal atau mengetahui jenis dan bagian-bagian vaporizer, karena dalam penggunaanya nanti untuk setiap jenis vaporizer itu berbeda-beda. Untuk harga vaporizer itu mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Dimana kinerja dari vaporizer ini dapat dikatakan dipengaruhi harga walaupun ada faktor lain juga yang mempengaruhi.

Vaporizer merupakan alat yang digunakan untuk mengubah liquid/ E-juice menjadi uap. Alat ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu mod (box), atomizer, baterai dan untuk tambahannya ada charger. Biasanya dipasaran bagian-bagian vaporizer tersebut dijual terpisah, tetapi ada juga toko yang menjualnya secara lengkap (paket ngebul).

Tips Memilih Dan Membeli Vapor
source: kaskus

Untuk yang pertama adalah mod (box). mod vaporizer dibagi menjadi 2 jenis, yaitu mod electrical dan mechanical. Perbedaan untama dari electrical dan mechanical ini yaitu pada electrical terdapat chip yang gunanya untuk mempermudah pengaturan watt atau voltase. Sedangkan pada mechanical tidak ada chipnya sehingga untuk mengatur berapa watt yang dihasilkan ini perlu dihitung secara manual dengan rumus dan kinerjanya ini dipengaruhi oleh coil dan baterai. Untuk anda yang orangnya yang gak mau ribet saya sarankan menggunakan yang mechanical. Untuk kekurangan dan kelebihan dari mod tersebut silahkan baca:
Perbedaan Mechanical dan Electrical Vaporizer
Tips memilih atomizer vapor

Bagian kedua yaitu atomizer, ini merupakan bagian tempat penampung dan tempat terjadinya perubahan liquid menjadi uap. Untuk atomizer ini dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu RDA dan RTA. Kepanjangan RDA adalah Rebuildable Dripping Atomizer yang artinya anda harus meneteskan terlebih dahulu liquid ketika akan menggunakannya, daya tampung liquid pada RDA ini hanya sekitar 3-6 ml saja. Sedangkan RTA adalah singkatan dari Rebuildable Tank Atomizer, atomizer ini terdapat tank untuk menampung liquid yang cukup banyak. Untuk mengetahui perbedaan RDA dan RTA anda dapat membacanya:
Perbedaan RDA dan RTA
Tips memilih baterai vapor

Baterai dalam vapor merupakan sumber energi yang digunakan untuk memanaskan coil sehingga dapat merubah liquid menjadi uap. Untuk baterai sebaiknya menggunakan baterai yang original dan sudah terbukti bagus untuk digunakan untuk vaporizer. Harga untuk satu baterai yang cukup bagus sekitar 100 ribuan. Baterai yang disarankan minimal 10 ampere dan Voltase saat baterai penuh 4.2 volt, untuk normalnya 3.7 volt . Semakin tinggi ampere maka semakin bagus dalam hal pemanasan coil. Kesalahan penggunaan baterai dapat mengakibatkan kerusakan pada baterai tersebut, bahkan dapat mengakibatkan baterai tersebut meledak. Baterai yang sering digunkan untuk vapor adalah baterai AWT IMR, Sony VCT, Effest, Vamped, LG dll.

Tips membeli vaporizer
  1. Pastikan Terlebih dahulu budget anda berapa,
  2. Bertanya kepada teman yang sudah tahu tentang vaporizer atau browsing di toko online yang menjual vaporizer. Anda dapat mengetahui budget anda itu dapat membeli vaporizer yang seperti apa, serta anda dapat mengetahui spesifikasi tentang vaporizer yang anda inginkan.
  3. Anda dapat membandingkan harga vaporizer dari antara toko online 1 dengan yang lainnya ataupun tempat penjualan vaporizer yang offline.
  4. Apabila uang anda masih kurang untuk membeli vapor yang anda inginkan, sebaiknya anda mengumpulkan uang terlebih dahulu sampai cukup. :p
  5. Jika anda sabar, tunggu moment tertentu untuk membeli vaporizer, biasanya saat ada hari raya, tahun baru, 17 agustus ataupun buka’an toko vaporizer baru itu ada diskonan. Harganya cukup miring. Rajin-rajinlah cari informasi dari instagram, path, twitter ataupun facebook tentang diskonan ini.
  6. Untuk anda yang budgetnya unlimited patikan membeli produk yang oten/ original, ingat semboyan ada harga ada kualitas.
Demikian Tips memilih dan membeli vapor, semoga dengan adanya artikel ini anda tidak salah pilih ketika membeli.
Read More

Tuesday, September 13, 2016

Perbedaan Mechanical Dan Electrical Vaporizer

Perbedaan vaporizer mechanical dan electrical. Vapor yang ada didunia ini sampai sekarang terdiri dari 2 jenis, yaitu vapor jenis mechanical dan electrical. Mechanical hanya berupa mod yang digunakan untuk menyimpan baterai dan penyambung rangkaian listrik tanpa menggunakan chip. Sedangkan untuk electrical adalah mod yang dapat digunakan untuk menyimpan baterai dan didalam mod ini terdapat chip yang digunakan untuk berbagai fitur seperti variable voltage atau variable watt.

Sebenarnya perbedaan utama dari electrical dan mechanical sangat simpel yaitu bahwa mechanical tidak terdapat komponen elektronik di dalamnya, sehingga tenaga yang dihasilkan dari baterai langsung disalurkan ke coil sedangkan yang electrical ada komponen elektroniknya.

Watt adalah tenaga yang dihasilkan oleh vapor. Semakin besar watt nya, semakin besar tenaga yang dihasilkan. Semakin besar tenaga yang dihasilkan, semakin banyak uap yang dihasilkan oleh vapor. Sedangkan hambatan ditentukan oleh coil yang digunakan.

Pengaturan voltase pada vapor akan memudahkan untuk mengatur seberapa besar watt yang ingin dihasilkan. Perhitungannya menggunakan rumus di bawah ini:
W = ( V x V ) / R
W = Watt
V = Voltage (Voltase)
R = Resistance (Hambatan)

Mechanical Vaporizer
Karena tenaga dari baterai yang digunakan langsung disalurkan ke coil, maka voltase yang dihasilkan oleh mechanical vapor tidak dapat diatur. Yang dapat diatur adalah hambatan dari coil yang digunakan dengan menggunakan rumus di atas dan Anda dapat menghitung watt yang dihasilkan oleh mechanical vapor secara manual.

contoh vaporizer mechanical

Voltase yang dihasilkan dari mechanical tergantung dari kekuatan baterai yang digunakan. Rata-rata baterai yang digunakan menghasilkan voltase sebesar 4,2 volt. Seiring penggunaannya, voltase yang dihasilkan akan turun dan anda perlu mencharge kembali baterai anda.
Voltase baterai yang dipakai buat vapor adalah 3.7 volt pada pemakaian normal. Rinciannya :
- Full charge @ 4.2 volt, paling enak, tapi sebentar
- Normal konstan @ 3.7 volt, arus normal baterai, pas
- Low power @ < 3.3 volt, Silakan isi ulang

Keuntungannya adalah, kita dapat memodifikasi hasil yang kita inginkan dengan lebih fleksibel. Berbeda dengan electrical diatur oleh chip. Selain itu, mechanical biasanya memiliki body yang lebih kuat. Kalau ada bagian yang rusak kita cukup membeli parts tertentu saja.

Kekurangannya adalah Performa mod akan sejalan dengan power baterai yang digunakan, saat baterai melemah akan terasa penurunan performa, anda harus bisa menghitung secara manual untuk mendapat tenaga yang diinginkan. Tidak ada lubang usb, jadi ketika mau mencharge baterai anda harus mencopotnya terlebih dahulu dan dicharge menggunakan charge eksternal.

Electrical Vaporizer
Seperti barang elektronik lainnya, vapor electrical biasanya memiliki fitur seperti LCD yang dapat digunakan untuk melihatan sisa power baterai, hambatan, watt, voltase maupun jumlah hisapan. Dengan melihat berapa angka yang tertera di LCD ini mempermudah anda dalam mengaturnya.

contoh vaporizer electrical

Fitur pengaturan watt sangat memudahkan dalam penggunaanya, anda tidak perlu lagi repot-repot menghitung seberapa besar voltase yang dibutuhkan dan seberapa besar hambatan pada coil yang digunakan untuk menghasilkan tenaga yang diinginkan. 

Keutungan dalam penggunakan vapor jenis electrical adalah praktis sekali dengan adanya fitur VV ataupun VW, kita tinggal mensettingnya sesuai kebutuhan. Mod berjenis electrical ini juga terdapat colokan usb yang dapat digunakan untuk mencharge tanpa perlu mencopot baterai dan juga dapat digunakan untuk mengupdate frimware. 
Baca juga: Perbedaan VV dan VW pada vapor
Kelemahan electrical adalah mod tidak akan dapat digunakan saat chip electrical di dalamnya rusak. Anda harus membeli mod baru lagi.

Demikian artikel tentang perbedaan vapor mechanical dan electrical, apabila ada informasi yang saya berikan salah, mohon dikoreksi dan bila ada kekurangan mohon ditambahi dalam kolom komentar.
Read More

Pengaruh Dan Cara Setting Watt Pada Vapor

Pengaruh dan cara setting watt pada vapor. Watt adalah tenaga yang dihasilkan oleh vapor yang bersumber dari baterai. Semakin besar wattnya maka tenaga yang dihasilkan semakin besar. Semakin besar tenaga yang dihasilkan maka uap yang dihasilkan oleh vapor juga semakin banyak. Sedangkan hambatan ditentukan oleh coil yang digunakan. Hambatan coil, khususnya pada electrical, pada umumnya tercantum pada coil itu sendiri. Semakin kecil ohm coil, maka uap yang dihasilkan akan semakin banyak. Jadi anda harus menetukan settingan yang pas dengan anda, karena setiap orang berbeda-beda.

Apabila watt yang digunakan terlalu tinggi akan menyebabkan wick kapas menjadi gosong dan rasa yang dihasilkan menjadi tidak enak. Untuk menentukan settingan watt yang pas, ada beberapa hal yang yang saling berkaitan.
  1. Voltase
  2. Hambatan/ resistensi
  3. Liquid (Kandungan liquid yang berbeda beda, berpengaruh dalam menemukan settingan yang pas)
Berapa watt yang dikatan pass itu berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang menggunakan 20 watt sudah pas, ada yang 30, 40 atapun seterusnya. Ini seperti anda memilih pasangan hidup, karena rasa pada setiap orang itu berbeda.

Ciri Settingan Vapor yang Pas adalah:
* uap dari liquid terasa hangat, bukan dingin atau panas
* Flavour lebih berasa.
* Tidak ada rasa gosong
* pemakaian koil maupun kapas efisien
* ngebul atau uap pas, tidak dipaksakan.

Settingan ketinggian (overpower) :
* Uap sangat banyak
* Uap yang dihasilkan bau gosong
* Terdapat bunyi meletup-letup pada atomizer
* Liquid boros
* Coil cepat berkerak dan kapas sering putus.
Baca Juga : Penyebab kapas sering putus
Settingan kerendahan (underpower)
* Uap sedikit (kurang ngebul)
* Liquid kurang berasa (hambar)
* Pembakaran telat
* Liquid dan baterai awet

Cara Menghitung watt Pada Vapor

Cara setting watt pada vapor
Pada vapor jenis elecrical, anda dapat mensetting wattnya dengan mudah sesuai dengan keinginan kita, fitur pengaturan watt (VW) dapat membantu sekali, anda tidak perlu repot-repot menghitung seberapa besar voltase yang dibutuhkan dan seberapa besar hambatan pada coil yang digunakan agar vapor menghasilkan tenaga yang diinginkan. Fitur ini sudah dapat menghitung sendiri berapa voltase yang dibutuhkan agar menghasilkan watt sesuai dengan yang kita inginkan.
Untuk vapor jenis mechanical anda dapat menghitungnya dengan menggunakan rumus W = (VxV)/R, anda dapat menghitung besarnya tenaga yang dihasilkan oleh mechanical vapor, dengan asumsi kondisi baterai penuh memiliki Voltase sebesar 4.2 Volt dan kualitas serta kemampuan mechanical mod akan menurun seiring penggunaan (voltase baterai menurun). Untuk Mechanical Mod, resistensi/ hambatan lah yang diatur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, karena murni mengandalkan power dari baterai (tanpa chip)
Read More

Monday, September 12, 2016

Perbedaan VV dan VW Pada Vapor

Perbedaan VV dan VW Pada Vapor. Vapor memiliki 2 jenis yaitu electrical dan mechanical. Untuk vapor yang berjenis electrical ini mempunyai fitur untuk merubah output nya baik secara voltase ataupun watt. Variable Voltage atau yang biasa disingkat dengan VV dan Variable Wattage yang disingkat VW merupakan fitur dari vapor electrical yang bisa diunggulkan dari vapor mechanical, karena fitur ini anda dapat memilih sendiri mode mana yang ingin dipakai dimana kedua fitur ini memiliki perbedaan.

Perbedaan VV dan VW pada vapor adalah adalah Kalau VW ini anda tinggal mengatur berapa watt yang anda inginkan, dan fungsinya ini adalah untuk mengatur tenaga yang dihasilkan dari device sehingga saat kita hisap, entah coilnya 1 ohm ataupun 0,5 ohm tenaga yang dihasilkan tetap akan sama sedangkan untuk VV untuk mengatur tenaga yang diberikan dari device kepada coil yang digunakan, jadi kalau anda menggunakan coil yang berbeda maka tenaga yang dihasilkannya berbeda. Anda harus mensetting ulang supaya tenaga yang hasilkannya tetap sama pada selera anda. 
Perbedaan VV dan VW Pada Vapor

Jadi VW itu bisa dikatakan sebagai mode automatis (autopilot) sedangkan VV itu adalah mode manual. Sebenarnya VV dan VW memiliki tujuan sama, yaitu untuk membangkitkan daya (P) untuk manasin wire lewat coil. Jadi VV atau VW ketika disetting naik maka Coil akan lebih cepat panas dan lebih tinggi titik didih nya. makin panas = makin cepat mengubah liquid menjadi uap.

Rumus untuk menghitungg nilai Watt adalah volt x volt : ohm

Contoh kasus:
Variable Voltage (VV) :

anda menghisap menggunakan atomizer dengan nilai coilnya 1 ohm, anda mencobanya diangka 3 volt tetapi rasanya kurang enak. Setelah itu anada naikin menjadi 4 volt, ternyata diangka 4 volt rasanya cocok untuk anda. Berarti anda cocok di 16 watt untuk menghisap vapor tersebut (4v x 4v ÷ 1). Tetapi rasanya makin lama makin kurang, lalu anda cek tahanan atomizer anda, berubah ke 2 ohm, lalu anda hitung watt nya lagi, ternyata anda sekarang main di 8watt (4v x 4v : 2) Anda perlu merubahnya lagi, untuk mencapai 16 watt dengan tahanan 2 ohm, diperlukan voltase 5,8 volt (5,8v x 5,8v ÷ 2 ohm= 16 watt), maka dirubahlah voltase anda ke 5,8v. setting ulang. Jadi kalau anda pakai mode VV, anda tinggal mengitungnya saja. pakai voltase berapa, coil berapa, taruh di rumus: Watt = Voltase kuadrat dibagi Ohm coil.

Variable Wattage (VW) :
Kalau VW, karena hasil akhir adalah watt yang sudah kita tentukan sendiri (bisa dinaik turunin sesuai keinginan kita), maka device mendeteksi sendiri coilnya berapa ohm, perlu berapa volt, begitu pencet langsung keluar uap sesuai dengan watt yang kita mau.

Kesimpulannya adalah:
VV = Variable voltage, kita dapat mengatur voltage
VW = Variable Wattage, kita mengatur Watt
Hasil akhir dari pembakaran coil itu dihitung dalam watt.

Semoga dari penjelasan di atas anda sudah mampu memahami apa itu VV dan VW. Apabila dari penjelasan saya ada yang salah ataupun kurang. Anda dapat menambahkannya di kolom komentar. terimakasih
Read More

Thursday, September 8, 2016

Kapas Medisoft Untuk Vapor

Kapas Medisoft Untuk Vapor. Kapas dalam vapor digunakan untuk media tempat penyerapan liquid yang nantinya akan dipanaskan dengan coil dan berubah menjadi uap. Kapas yang digunakan tentunya yang higienis, steril dari kotoran dan yang organik. Alasan kenapa dalam penggunaan kapas ini harus bersih maupun memakai kapas yang organik karena kapas tersebut akan mempengaruhi rasa uap yang dihasilkan. 

Kapas medisoft sebenarnya merupakan kapas yang digunakan untuk membersihkan luka maupun pantat bayi yang riskan terhadap alergi bahan kimia. Menurut informasi yang saya dapatkan dari web resmi nya yang berlamat di www.selectioncotton.com produk kapas yang dibuat ini membuatnya sebagai produk yang sempurna untuk orang-orang yang menderita alergi . Higienis Diproses kurang dari 5 mikron konten padat air berkualitas tinggi yang membuat kapas lebih higienis, Aman dan Netral dari residu dari proses produksi sehingga tidak ada efek samping dan aman untuk digunakan bersama dengan produk kosmetik Anda.

Kapas Medisoft Untuk Vapor

Harga kapas medisoft yaitu sekitar 9000 sampai 10.000 rupiah, kapas ini dapat dibeli di Apotik maupun tempat yang menjual perlengkapan bayi. Dalam 1 bungkus terdapat 120 buah kapas bulat. Dengan berat bersih 75 gr / bungkus. Untuk vapor dengan menggunakan 2 coil saya cukup menggunakan 1 buah kapas bulat. Penggantian kapas saya lakukan 2 hari sekali, jadi dalam 1 bungkus yang berisi 120 cotton ball ini dapat digunakan selama 240 hari. Sangat hemat sekali bukan.
Baca juga: Cara Mengganti Kapas Vapor dengan Mudah
Dari pengalaman saya dan beberapa review dari forum-forum, dalam menggunakan kapas medisoft untuk vapor ini, saat vaping awal rasa yang keluar agak berbeda, tapi kemudian setelah itu sudah ok. Cuma setelah 2 hari pemakaian kualitasnya jadi turun dan kualitas flavornya berkurang. Jadi kalau memang anda rajin ganti-ganti kapas, sepertinya kapas mediasoft ini juga sudah bagus.

Penggunaan kapas medisoft untuk vapor menurut saya tidak perlu direbus terlebih dahulu, langsung dipakai saja rasanya juga enak, walaupun beberapa orang mengatakan kapas yang direbus dulu membuat rasanya menjadi lebih nikmat dan fresh. Tetapi apabila teknik dalam perebusan ini salah akan membuat uap yang dihasilkan vapor menjadi sama sekali tidak enak, seperti kain pel. Hal ini dapat disebabkan kapas kurang kering, lembab, ataupun terkena bakteri.

Itulah review dari penggunaan kapas medisoft untuk vapor, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Apabila anda memiliki budget yang lebih sebaiknya menggunakan kapas organik yang diperuntukkan khusus untuk vapor.
Read More

Sunday, September 4, 2016

10 Perbedaan Vapor (rokok elektrik) dan Rokok

Sebagian orang pasti bertanya-tanya tentang perbedaan vapor dengan rokok. Tentu saja rokok dan vapor ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Vapor sendiri merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengubah liquid/ E-juice menjadi uap dan oleh sebab itu vapor sering kali disebut dengan rokok elektrik sedangkan rokok konvensional merupakan hasil pembakaran dari tembakau menjadi asap. Dari penjelasan ini sudah terlihat perbedaanya yaitu terletak dari hasilnya yang berupa uap dan asap.

Dari segi kesehatan banyak orang yang mengklaim bahwa vapor lebih sehat daripada rokok konvensional tetapi banyak juga yang mengatakan bahwa vapor ini lebih berbahaya dari rokok. Perdebatan tentang masalah kesehatan ini akan berlanjut sampai ada keterangan resmi dari badan kesehatan dunia ataupun pemerintah. Memang untuk penelitian jangka pedek bahwa vapor ini tidak berbahya seperti rokok konvensional. Untuk jangka panjang dampak apa yang disebabkan oleh vapor ini belum diketahui karena belum adanya publikasinya dari para peneliti.

Berikut ini adalah perbedaan vapor dengan rokok konvensioanal: 
  1. Hasil Akhir
    Hasil yang dikeluarkan dari sesorang yang menghisap vapor adalah uap sedangkan untuk rokok adalah asap. 
  2. Warna
    Uap yang dikeluarkan oleh vapor berwarna putih bersih dan untuk rokok konvensional berwarna putih kecoklatan. 
  3. Ketebalan
    Vapor mengeluarkan uap yang sangat tebal sedangkan rokok hanya sedikit asap. 
  4. Bau atau rasa
    Rokok mengeluarkan bau yang menyengat dari hasil pembakaran tembakau sedangkan vapor mengelurkan bau yang berbeda-beda tergantung dari liquid yang dipakai rasa buah-buhan atau creami.
    10 Perbedaan Vapor (rokok elektrik) dan Rokok
    Sumber gambar: creativemindsexposed.com
  5. Kandungan Tar Vapor tidak mengandung tar yang meninggalkan bekas kuning di pakaian atau gigi, kalau rokok konvensional akan menyebabkan gigi menjadi kuning. 
  6. Dampak lingkungan Selain asap, rokok juga meninggalkan sampah berupa abu, bungkus rokok dan untuk rokok filter akan meninggalkan gabus yang terdapat pada bagian pangkalnya. Untuk vapor ini akan meninggalkan uap dan apabila terjadi kerusakan pada alat vapor serta tidak bisa di perbaiki akan mencemari lingkungan.
    Baca juga: 10 Manfaat Rokok Elektrik (Vapor) Bagi Kesehatan
  7. Dampak buruk terhadap pengguna Rokok konvensional kadang-kadang dapat memercikkan tembakau yang sedang terbakar sehingga dapat menyebabkan baju bolong atau luka kecil, untuk vapor tidak menimbulkan seperti itu tetapi ketika anda memakai alat vapor yang kualitasnya tidak terjamin dapat menimbulkan ledakan yang dampaknya begitu buruk. 
  8. Segi Harga Dari segi harga vapor di klaim lebih murah dari rokok konvensional, tetapi untuk modal awalnya harus menggeluarkan uang yang lumayan. Dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Setelah mempunyai alatnya anda cukup mengeluarkan uang untuk biaya perawatan dan membeli Liquid sekitar 100.000 rupiah. Untuk rokok konvensional anda hanya perlu investasi awal berupa korek api dengan harga 2000 rupiah setlah itu anda tinggal membeli rokoknya dengan harga 10.000 sampai 20.000 perbungkus. 
  9. Peraturan pemerintah Rokok mempunyai peraturan khusus yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 109 tahun 2012 sedangkan untuk vapor masih abu-abu, belum ada undang-undang yang mengaturnya di indonesia. 
  10. Apabila ada yang lain tolong tambahkan di kolom komentar
Demikianlah artikel tentang perbedaan dari rokok elektrik (vapor) dengan rokok konvensional (rokok tembakau). Semoga dapat menambah wawasan anda.
Read More

Saturday, September 3, 2016

Cara Membersihkan Coil Yang Gosong Dan Berkerak Pada Vapor

Cara membersihkan coil Rda pada Vapor yang sudah gosong dan berkerak. Bagi anda yang telah membuat coil dengan hasil yang bagus dan rasa yang dihasilkan terasa nikmat. Anda akan merasa kecawa karena setelah kurang lebih 3 hari pemakaian coil tersebut akan berubah menjadi gosong dan berkerak. Rasa yang dihasilkannya pun tidak senikmat seperti saat hari pertama setelah membuat coil. Sayang sekali kalau coil yang begitu bagusnya cuma dibuang. Tenang, Anda masih bisa menggunakan coil tersebut dengan rasa yang nikmat kembali.

Rasa yang dihasilkan dari coil yang sudah gosong dan berkerak ini sangatlah tidak enak, ini karena coil yang seharusnya saat digunakan akan menghasilkan panas yang luar biasa, tetapi kalau dipermukaan coil terdapat kerak-kerak, panas yang dihasilkannya pun tidak akan maksimal dan uap yang dihasilkannya pun tidak akan maksimal.

Berikut ini adalah cara mengubah atau membersihkan coil yang sudah gosong dan berkerak menjadi seperti baru lagi:

Alat dan Bahan yang perlu dipersiapkan:
1. Pinset
2. Segelas atau semangkuk air hangat
3. Tissu
4. Niat dan berdoa

Langkah-langkah Membersihkan Coil:
  1. Buka penutup Rda anda.
  2. Cabut kapas pada coil dengan menggunakan pinset secara perlahan-lahan agar coil tidak patah.
  3. Setelah tidak ada kapas yang menempel tekan tombol Fire/ Burn pada Mod anda sampai coilnya menjadi berubah warna menjadi orange membara.
  4. Kemudian lepaskan tombol Fire/ Burn dan diamkan persekian detik (menjadi padam).
    Cara Membersihkan Coil Yang Gosong Dan Berkerak Pada Vapor
  5. Celupkan bagian rda sampai coilnya tercelup pada segelas air yang sudah dipersiapkan tadi dan goyangkan perlahan-lahan (INGAT, bagian Rda nya saja, jangan sampai ke bagian Mod juga, nanti ndak malah terjadi korslet).
    Cara Membersihkan Coil Yang Gosong Dan Berkerak Pada Vapor
  6. Kerak maupun kotoran akan tertinggal didalam gelas.
    Cara Membersihkan Coil Yang Gosong Dan Berkerak Pada Vapor
  7. Ulangi langkah tersebut sampai coill benar-benar besih.
  8. Bersihkan sisa-sisa air dengan cara mengelapnya dengan tissu secara perlahan supaya tidak merusak coil.
  9. Sekarang coil anda sudah bersih seperti baru lagi. Anda tinggal memasang kapas organik ke Rda anda dengan Pinset.
  10. Usahakan posisi kapas organik tidak terlalu longgar maupun terlalu ketat dan basahi kapas dengan liquid anda. Baca juga: Cara mengganti kapas 
  11. Vapor anda sekarang siap untuk digunakan kembali.

Demkianlah tutorial tentang cara membersihkan coil yang gosong dan berkerak. Semoga dapat bermanfaat. Apabila ada pertanyaan ataupun pengalaman dalam menggunakan vapor silahkan tulis di kolom komentar. 
Read More

Cara Mengganti Kapas Vapor (Vape) Dengan Mudah

Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang Cara Mengganti Kapas Vapor (Vape) Pada Rda dengan mudah. Ini sangat mudah sekali dilakukan yang terpenting adalah kehati-hatian. Anda tidak perlu membayar orang lain untuk menggatikan kapas vapor. Anda dapat melakukannya sendiri dirumah. 

Anda dapat mengganti kapas vapor apabila kapas anda sudah gosong, biasanya masa pemakaian kapas hanya sekitar 2-3 hari saja. Setelah itu rasa yang dihasilkan sudah tidak enak lagi, seperti bau gosong.

Saat melakukan penggantian kapas ini, alat yang perlu dipersiapkan adalah:
1. Kapas organik (yang tidak menggandung bahan kimia, terutama pemutih)
2. Pinset
3. Gunting

Berikut ini adalah tutorial cara mengganti kapas rda pada vapor:
  1. Copot penutup Rda anda
  2. Setelah penutup Rda anda copot, anda dapat mencabut kapas dengan pinset. Lakukan hal ini dengan hati-hati agar coilnya tidak patah atau susunannya berubah.
  3. Lakukan Firing agar kerak yang terdapat pada coil menjadi hilang. Baca juga: Cara Membersihkan Coil Yang Gosong Dan Berkerak Pada Vapor
  4. Setelah itu anda dapat membersihkan Rda anda dengan tisu, agar kotoran ataupun bekas liquid/ Ejuice yang menempel pada dinding-dinding Rda hilang.
  5. Gunting kapas secukupnya membentuk persegi panjang.
  6. Lalu ujung kapas di gulung-gulung atau dipelintir agar membentuk seperti kerucut. Ini dimaksudkan untuk mempermudah memasukkan kapas kedalam coil.
  7. Tarik kapas secara pelan-pelan, jangan sampai kapasnya terputus.
  8. Usahakan kapas yang masuk kedalam coil tidak terlalu kencang ataupun terlalu longgar.
  9. Apabila dalam Rda anda terdapat 2 coil, masukkan juga kapas seperti satunya.
  10. Setelah itu potong ujung-unjung kapas agar lebih rapi, dan ditekuk kedalam rda.
  11. Coil Rda yang sudah dipasang kapas siap untuk di basahi dengan liquid/ E-juice andalan anda.
  12. Pasang Rda tanpa tutup terlebih dahulu ke mod dan nyalakan. Apabila uap yang dihasilkan sudah sesuai keinginan, Rda siap dipasangi tutup.
Gambar tutorial ini saya ambil dari chanel youtube Vape vapo, Untuk lebih jelas dalam penggantian kapas vapor dapat dilihat pada video dibawah ini.

Demikianlah artikel tentang tutorial cara mengganti dan memasang kapas Rda pada vapor. Semoga dapat membantu anda. Terimakasih. 
Read More

Friday, September 2, 2016

Apakah Rokok Elektrik (Vapor) Berbahaya Bagi Kesehatan?

Salah satu jenis rokok yang tengah menjadi trend baru di tengah masyarakat Indonesia adalah rokok elektrik atau yang biasa disebut dengan vapor. Sebagai perangkat baru, kehadiran rokok elektrik (vapor) tentu saja memancing rasa penasaran dan rasa ingin tahu lebih jauh. Banyak kalangan muda dan bahkan anak-anak yang mencoba-coba menggunakan rokok jenis ini. Begitu juga di kalangan perokok, banyak yang mencoba beralih ke rokok elektronik karena dianggap lebih aman dan lebih stylish tanpa mengurangi sensasi merokok seperti rokok konvensional. 

Saya sering mendengar beberapa pertanyaan bahwa apakah rokok elektrik atau biasa yang disebut vapor itu berbahaya? Oleh karena itu saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut walaupun saya sendiri bukanlah seorang dokter atapun pakar kesehatan. Jawaban saya ini saya ambil dari beberapa sumber yang terpercaya serta logika saya sendiri.

Apakah Rokok Elektrik (Vapor) Berbahaya Bagi Kesehatan?

Rokok elektrik atau yang disebut vapor merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengubah liquid atau E-juice menjadi uap. Alat ini dapat digunakan oleh seseorang yang sudah berusia 18 tahun ke atas. Vapor ini sebaiknya digunakan oleh anda yang seorang perokok konvensional (rokok tembakau) agar anda dapat berhenti atau mengurangi efek candu yang diakibatkan oleh nikotin yang terkandung di dalam rokok konvensional.

Mengenai apakah rokok elektik/ vapor ini berbahaya atau tidak, menurut saya pribadi rokok ini juga berbahaya. Walaupun tingkat berbahayanya lebih tinggi atau lebih rendah dari rokok konvensional saya kurang tahu. Pendapat ini saya ambil dari logika saya dari bahan-bahan pembuatan E-juice/ liquid itu sendiri. Menurut Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia Tahun 2015 Kandungan pada Liquid/ E-juice berbeda-beda, namun pada umumnya berisi larutan terdiri dari 4 jenis campuran yaitu nikotin, propilen glikol, gliserin, air dan flavoring (perisa), walaupun ada juga E-juice yang tidak mengandung nikotin.
Baca juga: Kandungan dan Komposisi Liquid Vapor
Anda pasti sudah tahu kan, seperti apa bahaya nikotin itu. Jadi apabila memilih liquid sebaiknya memilih yang tidak mengandung nikotin. Nikotin ini adalah zat yang sangat adiktif yang dapat merangsang sistem saraf, meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Selain itu, nikotin terbukti memiliki efek buruk pada proses reproduksi, berat badan janin dan perkembangan otak anak. Efek kronis yang berhubungan dengan paparan nikotin antara lain gangguan pada pembuluh darah, seperti penyempitan atau pengentalan darah.

Kandungan pada Liquid/ E-juice

Zat kedua yang berbahaya adalah Propilen glikol, ini adalah zat dalam kepulan asap buatan yang biasanya dibuat dengan “fog machine” di acara-acara panggung teatrikal, atau juga digunakan sebagai antifrezee, pelarut obat dan pengawet makanan. Zat ini jika dihirup menyebabkan iritasi pernapasan, dan secara kronis menyebabkan asma, mengi (wheezing), sesak dada, penurunan fungsi paru-paru, dan obstruksi jalan pernapasan.

Bagaimana? Berbahaya juga kan?. Yang namanya bahan kimia masuk tubuh kita secara terus-menerus itu dapat dipastikan akan berubaha menjadi racun dan berbahaya bagi tubuh kita. Contohnya gini, anda baru sakit terus pergi kedokter, setekah diperiksa dokter anda akan diberikan resep obat dengan dosis tertentu. Obat itu sebenarnya merupakan racun juga, tetapi dengan adanya dosis yang diberikan dokter, racun itu didalam tubuh anda akan berfungsi menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit anda. Tetapi apabila dosis yang diberikan tidak terlalu tinggi akan sangat berbahaya bagi tubuh anda.
Contoh yang kedua yaitu mie instant, mie instant apabila dikonsumsi akan membuat tubuh anda kembali berenergi, tetapi apabila anda setiap hari hanya mengkonsumsi mie instant saja, dapat dipastikan mie instant intu akan berubah menjadi racun dan dapat menimbulkan penyakit. Hal ini karena didalam kandungan mie instant terdapat zat-zat berbahaya seperti pewarna makanan ataupun bahan pengawet.

Jadi saran saya, bagi anda yang seorang perokok konvensional (tembakau) anda boleh-boleh saja mencoba vapor agar anda tidak kecanduan rokok konvensional dengan cara memilih liquid/ E-juice yang tidak mengandung nikotin. Setelah itu secara bertahap kurangilah menggunakan rokok elektrik (vapor), dengan begitu anda dapat berhenti merokok.

Untuk anda yang bukan perokok (rokok tembakau ataupun rokok elektrik) sebaiknya jangan mencoba-coba menggunakan vapor ataupun rokok tembakau, di khawatirkan anda nanti malah kecanduan. 

Saya mohon maaf apabila kata-kata terlalu menekan ke salah satu pihak, dan saya mohon maaf apabila kata-kata saya kurang berkenan dihati anda. Terimakasih

Demikianlah artikel yang berjudul apakah rokok elektrik (vapor) berbahaya?. Semoga dapat menambah wawasan anda.
Read More

Cara Mengatasi Atomizer Short Pada Vapor

Atomizer Short mempunyai arti bahwa atomizer kita ini mengalami korslet. Saya sendiri sudah mengalami kejadian ini beberapa kali saat menggunkan mod evic vtwo mini dan Rda Tsunami. Untuk itu saya akan berbagi cara mengatasi atomizer short pada vapor. Semoga cara saya ini dapat memperbaiki atomizer short fix pada vapor anda.

Anda pasti bertanya-tanya kenapa kok bisa terjadi Atomizer Short? Hal ini karena vapor yang kita gunakan ini menggunakan energi dari baterai, ini sama halnya pada instalasi listrik rumah anda. Ketika terjadi suatu korslet otomatis listrik dirumah anda akan padam karena adanya sekring (Alat yang berfungsi untuk memutus arus hubung singkat). Nha salah satu fungsi mod pada vapor ya seperti sekring itu, memutus arus dari mod ke atomizer dan terjadilah Atomizer Short.

Cara Mengatasi Atomizer Short Pada Vapor

Berikut ini adalah penyebab terjadinya atomizer short pada vapor:
1. Coilnya nempel pada dinding
2. Coil rusak/ Putus
3. Coil tidak terpasang dengan benar atau lepas
4. Masalah di pin konektor
5. Pin pada konektor terlalu menjembul keluar
6. Adanya kotoran atau bekas liquid pada konektor
Baca juga: Cara memperbanyak uap pada vaporizer
  1. Yang pertama anda lakukan coba cek coil anda, apakah coilnya nempel pada dinding atomizer atau tidak, apabila menempel segera diperbaiki penempatannya jangan sampai menempel. Setelah itu coba nyalakan vapor anda, kalau menyala dan tidak keluar tulisan atomizer short berarti masalah anda sudah teratasi.
  2. Apabila setelah anda cek ternyata coilnya putus segera ganti dengan coil yang baru, dan coba nyalakan. Semoga vapor anda normsl kembali dan tidak keluar tulisan atomizer short lagi.
    Membersihkan kotoran pada pin konektor
  3. Kalau ternyata coil anda tidak terjadi masalah coba bersihkan pin konektor anda dari kotoran atau bekas liquid dengan kapas atau cotton bud.
Itulah beberapa tips cara memberbaiki vapor yang tidak bisa berfungsi dengan benar gara-gara keluar tulisan atomizer short. Semoga dengan cara ini vapor anda kembali berfungsi dengan benar.

Apabila ada pertanyaan dan pengalaman lain tentang masalah karena muncul tulisan atomizer short silahkan tulis di kolom komentar.
Read More

Thursday, September 1, 2016

10 Manfaat Rokok Elektrik Vapor Bagi Kesehatan

Manfaat Rokok Elektrik Vapor. Dibalik pemberitaan media massa tentang efek negatif vapor atau rokok elektrik, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa vapor/ rokok elektrik ini juga memberikan manfaat ketika seseorang beralih dari rokok tembakau ke rokok elektrik. Penggunaan rokok ini dapat membantu mengatasi para perokok konvensional (tembakau) dari kecanduan rokok.

  1. Dari beberapa perokok yang berusaha untuk berhenti, mereka yang menggunakan rokok elektrik merasa lebih dapat menahan keinginan mereka daripada yang tidak menggunakan vapor.
  2. Dapat menahan rasa ingin merokok bagi mantan perokok dan mengurangi efek kecanduan pada perokok.
  3. Survey dengan menggunakan lebih dari 19.000 vaper ini menemukan bahwa hampir dari 75% responden melaporkan bahwa mereka merasa lebih sehat setelah beralih ke rokok elektrik dari rokok tembakau. Contohnya peningkatan pada stamina, pernapasan, indra perasa, indra pencium dan lain lain.

    10 Manfaat Rokok Elektrik Vapor Bagi Kesehatan
  4. Bahwa level karsinogen yang ditemukan di vapor lebih sedikit dari rokok tembakau.
  5. Nafas lebih lega (Hal ini kemungkinan diakibatkan karena level karsinogen lebih rendah)
  6. Tidur lebih nyenyak, karena aliran darah dapat menjadi lancar dari pada saat menggunakan roko tembakau.
  7. Ketika anda mencoba kembali rokok tembakau, rasanya pahit, gak enak. Seperti rokok murahan (Padahal rokok berkelas). Ini pengalaman saya sendiri. 
  8. Vapor mengeluarkan uap bukan asap. Uap ini berwarna putih bersih dan segera hilang ketika keluar dari mulut. Hal ini berbeda dengan asap dari rokok tembakau yang berwarna putih kecoklatan dan bikin sesak nafas orang disekitarnya.
  9. Penggunaan Vapor atau rokok elektrik lebi hemat dibandingkan rokok tembakau. Apabila anda dalam sehari menghabiskan 1 bungkus rokok tembakau dan harga perbungkus 15.000. dalam sebulan anda menghabiskan 450.000 ribu. Sedangkan untuk penggunaan Vapor Paling mahal saat diawal yaitu untuk membeli RDA/RTA, MOD, Baterai, kapas dan coil (Anggap aja investasi diawal). Setelah itu anda cukup membeli Liquid/ E-juice saja. Dalam sebulan Cuma menghabiskan 1 botol Liquid dengan harga 100rb, Paling banter 2 Botol. Murah bukan? 
  10. Tidak berbau seperti rokok tembakau karena Liquid/ E-juice pada vapor memiliki Flavor atau rasa yang enak kaya Mangga, Apel, Cokelat, Lemon, Susu maupun yang lainnya. 

Manfaat ini merupakan pembandingan antara penggunaan rokok tembakau dengan rokok elektrik (vapor). Untuk anda yang bukan perokok tembakau/ elektrik, jangan sekali-kali anda mencoba rokok ini. Bersyukurlah anda apabila bukan pecandu. Kalau mau sehat ya jangan merokok maupun menggunakan vapor.

Demikianlah Artikel tentang 10 Manfaat Rokok Elektrik Vapor Bagi Kesehatan, semoga bagi anda yang seorang perokok dapat segera berhenti merokok. Amin
Read More

Perbedaan RDA dan RTA Vapor

Perbedaan Rda dan Rta pada vapor. Sebelum lebih jauh membahas tentang RDA dan RTA alangkah baiknya saya bahas dulu tentang bagian-bagian vapor, agar anda nanti tidak menjadi bingung. Yang perlu anda ingat bahwa vapor itu terdiri dari berbagai bagian pokok yaitu Atomizer, Mod dan Baterai serta tidak lupa E-juice (orang indonesia menyebutnya liquid). Atomizer itu sendiri adalah alat yang digunakan untuk mengubah liquid atau e-juice menjadi uap saat dipanaskan, pemanasan ini mendapat energi dari baterai melalui mod ke Atomizer. 

Atomizer yang digunakan dalam vapor di bagi menjadi 2 yaitu RTA dan RDA. Kedua atomizer ini memiliki beberapa perbedaan yaitu:
  1. RTA (Rebuildable Tank Atomizer) RBA yang memiliki tank penampung yang berfungsi untuk menyimpan liquid atau e-juice.
  2. RDA (Rebuildable Dripping Atomizer) tanpa tank (tanki penampung) penampung e-juice, jadi saat anda ingin memakainya diharuskan meneteskan liquid/ e-juice.

Kelebihan dan Kekurangan RDA dan RTA pada vapor

Kelebihan RDA
  1. Rasa atau Flavor yang dihasilkan lebih memuaskan, sesuai selera (ini tergantung dari pengaturan coil anda).
  2. Apabila anda ingin segera mengganti liquid/ E-Juice dengan flavor lain, anda tidak perlu terlalu banyak membuang liquid yag tersisa, karena isi liquid didalam RDA cuma sedikit.
Perbedaan RDA dan RTA Vapor
Kekurangan RDA 
  1. 5-8 x puff (bahasa jawa: sebulan), liquid didalam RDA habis (Tergantung settingannya juga sih). 
  2. Ribet bikin coil 
  3. Apabila anda telat meneteskan liquid/ E-juice akan terjadi Dry Hit. Kapas didalam RDA akan menjadi gosong, bahkan bisa terbakar.
Kelebihan RTA
  1. Flavor atau rasa yang dihasilkan enak.
  2. Tidak sering mengisi liquid karena terdapat tank penampungan. Jadi gak usah dripping melulu.
Perbedaan RDA dan RTA Vapor
Kekurangan RTA 
  1. Bikin Coil jauh lebih susah dari RDA.
  2. Flavor atau rasa yang dihasilkan sulit disetting (Kalau RDA bisa disetting dari coilnya)
Intinya yang membedakan antara RDA dan RTA dalah bahwa RDA itu tanpa tanki penampung sedangkan RTA menggunakan tanki penampung.

Demikian tadi artikel tantang Perbedaan RDA dan RTA pada Vapor, semoga dapat membatu anda dalam memilih Atomizer yang ingin digunakan.
Read More

Perbedaan Rda Tsunami Clone Dan Authentic (Oten)

Rda Tsunami clone dan authentic memiliki perbedaan yang mencolok, mulai dari segi warna, bahan, maupun harganya. Tetapi sebagian orang yang baru masuk ke dunia vapor tidak melakukan pengecekan apakah Rda Tsunami tersebut asli atau palsu. RDA itu sendiri adalah singkatan dari Rebuildable Dripping Atomizer. Hal ini merujuk pada Dripping Atomizer yang dapat dibongkar lalu dibangun/ build sesuai dengan kebutuhan pengguna vapor untuk menghasilkan rasa dan ketebalan uap yang diinginkan dan Rda ini nanti digabungkan dengan MOD.

Berikut ini adalah perbedaan dari RDA Tsunami Clone dan Authentic:
Perbedaan Rda Tsunami Clone dan Authentic
  1. Perbedaan yang pertama dapat dilihat dari logo geek vape pada kotak Rda Tsunami. Untuk yang clone warna orange terletak pada sebelah kanan, sedangkan yang authentic/ asli terletak pada sebelah kiri.
  2. Warna driptip pada box Rda Tsunami untuk yang clone berwarna abu-abu sedangkan yang authentic berwarna hitam elegan. 
  3. Tulisan RDA untuk yang clone berada di atas tulisan Tsunami, untuk yang authentic berada di sebelah kanannya. Untuk yang ini, saya menemukan dilapangan bahwa yang clone tulisan RDA nya juga ada yang disebelah kanan.
    Perbedaan Rda Tsunami Palsu dan Asli
  4. Tulisan Geek vape untuk yang clone berwarna putih, sedangkan yang asli berwarna orange.
  5. Box bawah yang berwarna orange untuk yang asli tidak menjembul/ keluar dari Box atasnya. Dari temuan saya dilapangan, saya menemukan yang clone ini juga saya yang authentic, yaitu juga menjembul keluar dari box penutup.
    Perbedaan Rda Tsunami Clone dan Oten
  6. Tinggi box atau kotak Rda nya berbeda, untuk yang clone lebih rendah daripada yang authentic. Tetapi untuk dilapangan banyak juga box Rda Tsunami yang clone tinggi box nya sama dengan yang authentic.
    Perbedaan Rda Tsunami Clone dan Authentic 1
  7. Tulisan Tsunami untuk yang clone terasa lebih kasar, Untuk font hurufnya juga terlalu besar dibandingkan dengan yang authentic.
    Perbedaan antara Rda Tsunami Clone dan Authentic
  8. Pada penutup Rda clone atau KW bagian bawah dalam tidak terdapat pembatas, langsung tabung lurus hingga menuju ke atas. Untuk yang asli ada pembatasnya. 

Demikian artikel tentang perbedaan antara Rda Tsunami clone/ Palsu dan authentic (Oten). Semoga dapat menambah wawasan anda, sehingga tidak salah memilih anrata Rda yang asli dan palsu.
Read More