Wednesday, October 12, 2016

Penyebab Rokok Elektrik (Vaporizer) Meledak

Akhir-akhir ini kita sering mendengar berita yang kurang baik, yaitu kasus meledaknya personal vaporizer atau biasa disebut dengan vapor / vape. Vaporizer merupakan benda elektronik yang ketika di hisap akan mengeluarkan uap. Sensasinya seperti sedang merokok pada umumnya. Yang namanya benda elektronik apabila pemakainnya tidak benar dan tidak sesuai dengan aturan penggunaanya akan menyebabkan benda tersebut menjadi rusak. Jangan kan vapor, handphone, power bank maupun benda elektronik yang lain bisa meledak kok. Intinya dalam pennggunaan benda elektronik itu diperlukan perawatan ekstra. Apabila baterai vaporizer bocor ya segera diganti jangan di paksakan untuk dipakai. Sekarang tinggal bagaimana cara merawatnya barang tersebut biar awet dan tidak cepat rusak.

Penyebab vaporizer meledak biasanya adalah kesalahan dari sang pengguna (vapers) tetapi tidak jarang juga penyebabnya bisa dari Vaporizer yang dibuat sendiri (DIY). Ledakan yang di timbulkan vaporizer sangat berbahaya dan dapat melukai seseorang. Maka dari itu vaporizer ini hanya diperuntukan buat orang yang sudah berusia 18+ tahun dan mempunyai tanggung jawab. 
Penyebab Rokok Elektrik (Vaporizer) Meledak
Sumber gambar: www.dailymail.co.uk

Berikut ini adalah penyebab vaporizer meledak:

1. Kurangnya Pengetahuan
Sebelum menggunakan vapor diwajibkan memahami dulu cara penggunaannya, mulai dari device, atomizer (RDA, RTA atau RDTA), baterai bahkan sampe ke liquid yang digunakan. Setiap device mempunyai ketahan (ohm) yang berbeda-beda serta baterai yang digunakan harus yang di rekomendasi untuk vaporizer, jangan asal pakai saja.

2. Jenis Mod Vaporizer
Vaporizer terdiri dari 2 jenis, yaitu Mechanical Mod dan Electric Mod.biasanya ledakan vaporizer lebih cenderung terjadi pada jenis Mechanical Mod. Dari segi harga memang Mechanical Mod lebih murah dibandingkan dengan Electric Mod. Mechanical mod ini masih kurang aman bagi pemula karena hanya terdiri dari baterai, atomizer serta coil. Jenis ini tidak memiliki indikator (LCD) jika vaporizer yang digunakan lowbatt mapun ketahanan terlalu extreme hingga device menjadi kepanasan. Karenanya dalam penggunaan untuk jenis mechanical dibutuhkan keterampilan khusus bagi para vaper. 
3. Settingan Vaporizer Yang Terlalu Extreme
Sebagian vapers ingin mendapatkan uap yang dihasilkan vaporizernya lebih banyak lagi, Mereka menggunkan gulungan kawat (coil) yang sedikit agar menghasilkan power yang lebih dalam pembakaran dan menghasilkan uap yang lebih banyak. Hal ini rentan mengakibatkan ledakan bila mod atau baterainya tidak mendukung, apalagi dilakukan oleh pemula. 
Baca juga: 5 cara memperbanyak uap vapor

4. Terlalu lama Mencharge
Jangan mencharge atau mengisi ulang personal vaporizer anda terlalu lama, karena jika anda menchargenya terlalu lama bisa bisa vaporizer anda meledak atau setidaknya baterai vaporizer anda akan ngedrop atau akan menjadi cepat habis saat digunakan. Sebaiknya jika baterai anda sudah penuh anda seharusnya mencabut baterai dari chargenya dan biasanya semua jenis vaporizer mempunyai indicator lampu ataupun tanda jika baterai anda telah penuh saat di charge. Lebih baik lagi gunakanlah charge eksternal walaupun biasanya setiap device terdapat lubang chargenya. Hal ini lebih aman dan dapat membuat chip yang terdapat pada device (Mod electrical) tidak cepat rusak. 
Baca juga: Macam-macam charge baterai untuk vapor

5. Baterai yang Tidak Direkomendasikan
Jenis baterai yang ada didunia ini banyak, sebai contoh jenis ICR dan IMR. ICR adalah Lithium Cobalt Oxide yang artinya jenis baterai ICR menggunakan oksidasi ion cobalt untuk menyimpan ion Listrk. Bahan Cobalt memerlukan rangkaian proteksi karna cobalt mempunyai batas toleransi stress yang lebih rendah dari IMR, jika batre jenis ICR ini dipaksa diberi beban Ohm yg sangat kecil makanya rangkaian proteksinya akan rusak dan ion cobalt yngg tersimpan di dalam baterai akan keluar atau bahkan meledak. Sedangkan IMR adalah Lithium Manganese Oxide artinya jenis baterai IMR menggunakan oksidasi ion Mangan untuk menyimpan ion listrik. Bahan mangan tidak memerlukan proteksi karna mangan mempunyai batas toleransi yang lebih tinggi dan setabil dibanding ICR. Jadi dalam penggunaan vaporizer tidak disarankan menggunakan batre jenis ICR, melainkan baterai jenis IMR lah yang disarankan digunakan karna memiliki kestabilan dan batas toleransi yang lebih tinggi. Jangan juga menggunakan baterai hasil copotan dari laptop karena tidak di rekomendasikan juga.

6. Vaping saat Di charge
Walaupun melakukan vaping sambil dicharge dapat dilakukan tetapi hal ini merupakan sebuah kesalahan. Jika hal tersebut dilakukan dalam waktu yang cukup lama, maka akan membuat baterai menjadi tidak stabil , panas dan menjadi bocor. Baterai yang bocor ini akan menjadi sangat berbahaya dan bisa meledak.

Karena kurang pengetahuan tentang vaporizer (rokok elektrik) atau mencoba setingan yang extreme inilah penyebab utama vaporizer meledak. Ibarat motor, kalau sembarang dalam pemaikaian part, dan kurang pengetahuan dalam mengendarai, bisa mencelakai pengendara. Begitu juga personal vaporizer. Butuh pengetahuan untuk menyettingnya sendiri. Gunakan Mod yang sudah terbukti aman, Gunakan settingan yang standard. Yang pasti, barang apapun yg kita gunakan sebaiknya kita pahami dan pelajari dulu penggunaannya.

152 comments

bahas tesla invader 3 dong gan, secara tesla inv 3 cuma ada meteran analog dan klo liat pasar vapor di indo kenceng bener penjualan tesla. makasih

Yang perlu di bahas tentang apanya gan?
Kalau saya tahu mungkin lain waktu saya bahas.

Mechanical Mod lbh murah dari Electrical Mod ?? ga salah tuh gan ?? coba lihat2 dulu Mod Mechanical yg authentic harganya berapa, rata2 di atas 3jtan. kecuali yang clone !!!

Mohon maaf kalau saya salah, saya cuma newbie gan.
Saya cuma melihat dari pasar vaporizer di indonesia. elektrik yg 4 jutaan juga ada, bukan masalah harga yang penting kenikmatan ngebul.

@Joice: Mechanical tentu saja lebih murah gan, sebab tanpa chip, biaya pembuatan lebih murah. Bahkan sudah banyak produk mechanical buatan anak bangsa yang terjual di pasaran. Salah satu mod mechanical termurah yaitu ninemod yang harganya bahkan tidak lebih dari 100rb (clone) dan yang auten tidak sampai 2 juta.
Jika di tanya pasar indonesia di dominasi jenis mod apa, tentu saja mod mecha yang clone, sebab jenis ini paling mudah di cari, mudah di pakai, dan murah di pasaran.

Begitulah kira kura.

Bos saya ad tesla invander III tpi batreynya lain,,1 imren yg 1nya lagi sony apkah aman bos???

Kalau batre awt aman ga?kalau vape istic pico aman ga?

Jenis yang aman bagi pemula apa ya 😂

Eleaf istick pico 75W RTA bagus untuk pemula dan harga terjangkau

batre yg cocok buat Tesla i3 apa gan..?

Boss kalo mod vgod di chrome bahaya ndak?

Sedikit tambahan om, vapor meledak bisa juga dari ketaledoran user dalm batre. Ingat, jangan pernah melepas kulit di batre, bocel dikit mending tambal pake isolasi biar tidak ada gesekan listrik terhadap mood atau batre kedua (jika dual batre). Terimakasih, semoga bermanfaat dan tidak ada lagi yang meledak.

Kalau cerita authentic yang electric mod juga lebih mahal dari yang mechanical

Jangan setarakan authentic dengan clone

Sebaiknya menggunakan baterai dari 1 merk serta ampere yang sama gan, Kadang kalau berbeda merk menyebabkan imbalance baterai

Semuanya aman mbak endang, asal bukan mod rusak atau baterai bocor. Tinggal sesuaikan budgetnya dulu. nanti bisa di kasih masukan

wkwkwk, kalau baterai DEF gimana gan dedi?

enggak om, itu salah satu seni di dunia vaping, gak cuma seni ngisap doang. hehe

Trimakasih om tambahannya, bener sekali

wkwkwk, iya om motorstation. yang penting ngebul serta safety

Bang tolong bantu ane ,punya ane istick pico 75 watt saya pemula nah automizernya bawaannya kan RTA tp bocor mau saya ganti yang RDA aja , yang aman apa ya ? Mohon pencerahannya bang , thanks

Mhon pencerahan gan
Saya punya mod fucai dng atomizer rta.. Batrai bwaan gak ad merk..
Klo misal batrai d ganti awt 3rb mah
N coil pake alien..
Aman n balance gak ya gan..
Matur suwun 😊😊😊

Coba sampean baca artikel ttg cara setting Ohm Vapor di website ini. Disitu menjelaskan komparasi coil dg kemampuan mod dan baterai. Selagi samean tau spesifikasi mod dan batre yg anda punya maka bisa dicari batas aman vapor anda.

Tambahan lagi om. Lepas baterai ato atty klo ga dipake. Jgn biasakan langsung masukan saku ato tas. Takutnya tombol firing kepencet. Hihi...

semua RDA aman gan, yang rawan tu masalah baterai. .
RDA Tsunami, Goon, Kenedy Dll

Makasih om abiez atas tambahannya. Salam kebull

Om info dong, spek batre sony VTC5 dan LG HG2 itu sama ngga ya..? Dan kalau di gabungkan pemakaianya apa boleh? Ex: untuk wismec 2/3, 2 batre sony, dan 1 batre LG..dan apa efek sampingnya??? mohon pencerahan suhu...haha

VTC 5 itu kapasitasnya 2600 mah sedangkan LG HG2 3000 mah, sebaiknya jangan, pakai yang satu merk dan kapasitasnya sama aja. Biasanya akan muncul tulisan baterai imbalance.

Om nanya donk... Gw beli batere baru,, trus langs gw pasang d mod (jangkrik2)... Gw pke beberapa isep... Ga lama mod gw jdi panas,, gw cabut baterainya dan panas bgt... Pas gw charge emang nyisa 1-3%.... Ada trouble dmna ya?? Apa memang kl baterai udh mau abis panas sperti itu??

Klau normal gak di pakai chain vaping gan panas gan. Palingan cuma anget. kemungkinan itu ada konslet, entah baterainya yg rusak atau Modnya konslet.
Coba pakai baterai yg lain. kalau masih sama ya berarti mod agan.
Oh iya ini pakai mod apa? berapa ohm?

Ane pake pico istick 75w, setingan watage yg aman sampai berapa ya gans

kalau cuma main mode watt tinggal setting voltasenya aja gan, 3,5-4,2 volt. wattnya gak usah diperhatiin, nanti ngikutin sendiri menurut resistensi (ohm) coil agan.

iya gan, apalagi susu murni. haha

This comment has been removed by the author.

Gan kalo make dual baterai entah itu modnya merk apapun mainnya paling aman di voltase sama 3.7-4.2v ya?ato dua kalinya?7.4-8.4v?yg bener yang mana ya?jadi bingung.

"Ngecas batre terlalu lama" kaya nya tergantung charger yg dipake juga sih min, kalo kaya nitecore sudah ada sistem cutoff kalo batre penuh

nyimak..dr para master...anr newbie

Gan, tesla i3 termasuk mechanical ato electric? Trus batre bagusan mna awt ato sony?
Maaf masih newbie..

Gan, tesla i3 termasuk mechanical ato electric? Trus batre bagusan mna awt ato sony?
Maaf masih newbie..

Misi gan cuma mau nanya cara kerja elektrikal mod itu gimana?? Misal sy seting di 40wat, resistensinya 0,2 ohm. Lah yg dinaik-turun oleh mod itu arus apa tegangan apa ohm nya biar tercapai 40wat??

gan , klo kita gunain liquid rokok elektrik ke vapor bahaya gk sih?

Kangertech aman gak gan? Kalo saya cas ko lama ngisinya dan kalo saya pake cepet abis batrenya. Itu gmn gan?

Gan brapa lama cas batre eksternal yg aman

mas boleh bagi infonya gak,aq udh bbrpa minggu pke vape,vapor prtma aq pke tesla trminator,krn sdkit nggrti ttg vpor aq ganti k mechanical sebut aj merk time keeper AV batre pkek sony vtc5,lha ini mw nnyak mas ohm yg aman itu brpa ea,klo pkek batre sony vtc5.
n sony vtc itu aman apa gk buat mecha,n btre ini jenis IMR ap ICS..
MOHON BAGI ILMUNYA.

Klo cas di mod gmna bos?
Katnya cpt Rusak nanti? Klo cpt rusak knpa di buatin lubang carger? 🤔🤔

Yang enak buat pemula vapor merek apa yaa

Gan kalu mechanikal black serpentes aman gak thu gan

Emang ohm bisa dirubah atau di ganti" lewat mod ya.. :D kalu ngerunbah ohm setahu saya ya ganti coik atau lilitan. yg bisa di ganti/ajust cmn watt sama derajat. Biar mencapai 40watt ya setting aja di 40watt nanti amphere mengikuti. Resistensi otomatis mengikuti dari kawat yg digunakan. Moga" coment saya bener

Setahu saya, Ga bahaya cmn mungki rasanya yg agak aneh hehe

Itu ngecharge di mod apa external charge..?? Setahu saya Kalau di mod sangat tidak di rekomendasikan. Karena lubang mod hanya di usahakan untuk update firmware. Mungkin batrai kalau charge di mod ga bener" full, tp di display udh full. Atau bisa jadi chip bermasalah gara" dipake ngecharge, atau batrainya clone, atau dan lagi dan lagi.. :D Hehehe soalnya permasalahan sprti itu banyak penjelasan mas. Semoga commet saya bener

Setahu saya dibuatin lubang charger hanya untuk update firmware mod.

Ini menurut saya ya l, buat pemula enaknya pakai vapour terserah, usahakan electrical. Yg bagus (pakai 2 batrai) jg manteb, karna kalau nanti mau upgrade ga ribet. Semakin lama orang akan semakin bisa menggunakan otomatis pasti upgrade printilan (Atomizer) mungkin akan ganti RBA (RDA, RTA, RDTA) usahakan mod authentic ya. Soalnya kalau yg clone ntar malah habis banyak, atau nyesel ini itu.

Kayanya merek terserah ;D usahakan authentic pake yg double batray makin oke, upgrade berikutnya ga perlu ganti mod, tinggal ganti atomizer aja. Trus belajar ya dimulai dengan watt kecil dan resistensi coil yg agak besar, biar ga keselek :D ntar kalau udh tau bisa upgrade reaistensi coil yg lebih rendah, soal ajust atau setingan mod. Pastinya sudah belajar dan ada pengalaman tentunya kalau sudah pake.

Semua vapor banyak kemungkinan aman. Biasanya batas aman atau tidak tergantung dari si pemakai. Kalau dipake batrai atau mod terasa hangat usahakan diamkan dingin dulu sejenak. Selebihnya mungkin biar expert vapers lain yg menjawab hehehe....
Semua yg saya comment hanya setahu saya dan mungkin akan berbeda dengan orang lain. Jadi saya hanya berharap yg saya bicarakan tidak salah.

Menurut saya pribadi, vape itu aman asalkan pemakai bertanggung jawab, kalau memang baru dengan vape ya jangan modif aneh", musti belajar dulu. Bagi saya soal mod itu ga ada istilah newbie, pemula, baginers atau apalah namanya,yg bisa di sebut seperti itu bagi saya soal ATOMIZER karena device itu yg bisa di oprek". jadi mod itu istilahnya kaya HP mau newbie, beginer, pemula boleh, asalkan bisa beli ya ambil dah, nah soal aplikasinya tergantung si pengguna mau gimana. Singkatnya menurut saya MOD itu kaya HP trus ATOMIZER itu kaya APLIKASI HP. Itu comment menurut dan setahu saya, pastinya akan berbeda dengan pendapat orang lain. Mohon maaf kepada expert vapers. Mungkin ada perkataan saya yg salah monggo di beenerin saja.

Lol ga kebalik tuh bro? Mod mecha lebih murah?? Kalo lu beli mecha yang clone mah emg murah, mecha buatan indo ya pasti murah, sama beberapa mecha baru kaya karma kit itu authen cman 400 500 an , but inget kalo lu mau nyari segi ketahanan, dsbnya mod mecha authen lebih aman, gua make deathwish mod crossbone + unholy rda authen itu aj ++ shipment totalnya 300$ wkwkkw , kalo dibandingin sama electrical apa deh therion kek ato smok apa dsb beda kan harganya bukan artinya mecha lebih murah bro :-):-):-)

untuk merek innokin coolfire IV aman bagi pemula gk om?

togel sgp

Black serpentes v2 mech mod aman gk bang?

Kalo bandingin harga segitu jangan sama therion / smok bro. Itu masih kelas mod menengah kebawah. Belum masuk mod electrical kelas atas. Mod boxer aja harga udah 300$ bro. Modnya doang loh :-) :-)

Ininsaya bikin kawan sendiri untuk melo 3 minii tengangan 1.66 om aman gakk tuu gan ??

3,7 sampai 4,2 volt gan. kalau 2 kalinya bakal panas banget. bikin bibir meleleh. haha

Iya gan, tapi ya lebih baik kalau sudah penuh ya lepas. sapa tau kalau sistem cut off nya rusak kan malah bikin berabe.

Bukan semuanya gan, yg namanya mecha itu gak ada chipnya, kalau tesla ini pakai chip. kalau dikatakan elektrik juga bukan soalnya gak bisa ganti2 mode seperti electrical yg lain.
Jadi namanya .... lupa namanya. wkwkwk

Bisa jadi baterai agan yang udah rusak.

Sampai full gan. haha
usahakan pakai cas eksternal yang ada indikator atau displaynya. jadi kalau udah full bisa tahu. biasanya 3-4 jam. dulu juga pernah pakai charger eksternal yang abal2. itu sampai 11 jam batu full.

0,3 aman gan. yang direkomendasikan buat mecha memang sony VTC 5. soalnya stabil. IMR gan

Aman sih gan kalau gak cacat. namanya clone ya tentunya untung2'an. beda sama yg oten sebelum dipasarkan di uji terlebih dahulu.

Wkwkwk, Udah bro udah. gak usah di ributin. saya hanya mengambil harga dipasaran indonesia saja. Yang sering digunakan apa. semuanya mahal kok. Pico aja ane gak kuat beli.

Semua aman bang. kalau gak aman ya gak dipasarkan.

Bahas tesla i3 dong gan,ane termasuk pengguna tesla dan masih minim pengetahuan kalau untuk device sendiri karena ane liat review gak di youtube gak artikel ada yg bilang electrical mechanical ada chip no chip dll.mohon admin selaku expert bisa meluruskan:Dtq

Gan kalau perpaduan mod asmodus 200W battery coil master automizer avocado 24 RDTA aman ga gan? lilitan kawatnya itu 0.27 ohm batas voltnya brpa yah?

klo bagi pemula, merk terminator gmn gan? aman ga?

Istick pico 75w yg clone aman ga kakk?? Aku pemula nih blm tau apa2 -_-minta bimbingannya.. Makasih

Istick pico 75w yg clone aman ga kakk?? Aku pemula nih blm tau apa2 -_-minta bimbingannya.. Makasih

Mohon pencegahannya gan,cara setting tc joule ipv8 yg tepat brp y??

Setingan untuk vave ipv yg pas brp volt

menurut agan aku pakai rda tsunami 22auten mod vgod mechpro.batre samsung . ini buat setingan coil yg aman brapa yaa

bos saya baru beli Eleaf Istick Pico 75 W plus liquid plus batterai awt bawaan,setelah saya cek ternyata awt palsu karena sn yang tertera di baterai tidak bisa di masukkan ke situs awt,aman apa gak kalo saya tetep pake baterai tersebut mengingat mod yang saya beli model electrical,dan hanya untuk flavor aja bukan bikin asap tebel,apa baterai tersebut bisa meledak

1,5 jt untuk pemula yg bagus apa ya...yg siap ngebul aman dan gag ribet...
mohon masukannya...masih bingung milih dan belum paham soal vape

Gan saya mau nanya nih saya pake vaspor yg 75w saya pemula di vape
Yg baik cara melakukan nya kaya gimana gan thnkss

Mau ngebul nabun aja gan wkwkwkwkwk peace

jadi gan kalau untuk vapor mello 3 mini 75 watt,,bisa kan gan pake baterai yang input voltagenya 3,7 volt
mohon sarannya gan

Tanya gan , soal baterai clone awt yg beredar d pasaran dengan harga 40 ribuan , saya niat bli , efek yang bahaya bakal trjadi kalau pakai batre clone apa ya?

Tks

Tanya gan , soal baterai clone awt yg beredar d pasaran dengan harga 40 ribuan , saya niat bli , efek yang bahaya bakal trjadi kalau pakai batre clone apa ya?

Tks

Mau tanya ni.. klw vape ijoy maxo zenith 300w aman gak ya ....

gan...mau tanya..vape pnyaku udh pernah di pakae...trus lama ane simpan bgt sj...mau di pake lg aman g y...takut meledak..banyak isu yg bikin ane takut. mohon pencerahanya.

Gan kalo tesla terminator diganti pake RDA Tsunami 22
Aman gk ya ?

Bantu jawab. Aman gan. Ane make juga. Kalau pakai rda yg penting tau spek batre, brp amperenya, tau hukum ohmlaw, kalo ga ngerti ohmlaw bisa download aplikasinya di playstore digoogle "vapetool" lambangnya coil. Saran hindari main subohm kalau blm ada pengalaman atau ente bukan cloudchaser. Saran ane, main diatas 0,2 ohm aja. 0,2ohm batas aman.

Ente pake mod apa? Yg meledak rata2 mechanical mod,atau boxmod diy(do it yourself)/ bikinan sendiri. Kalo vape ente eletrikal mod coba nyalain trs liat batrenya brp %. Trs charger sampe full dan jangan over charger. Periksa jg atomizernya coilnya masih bagus ga, kapasnya ganti. Aman kalo ente main aman.

Hindari batre clone. Karena keamanannya ga terjamin. Harga murah kalo bahaya buat ente apa gunanya? Mau kecelakaan grgr vape konslet demi dompet ttp penuh ? Think again gan.
1. Keamanan batre ga jelas.
2. Spek bohong antara deskripsi iklan dan spek bartre (spek diiklan pake yg oten, sedangkan clone gatau gimana)
3. Kalau dipaksa bakal kecelakaan, karena vatre ga kuat.
4. Mod rusak(kalau pake elektrikal), mod meledak kalau pake mechanical.
5. Ga ada peforma yg joss dari batre clone. Joss kaga meledak iya.

Meledak semoga engga. Tapi segera beli batre otentik. Secara keamanan terjaga, spek mumpuni. Kalau clone gatau diujin apa ngga, speknya cocok ga buat mod ente. Segera berenti demi keamanan ente

Rumus ohm = volt ÷ ampere. Jadi misal 3,7volt ÷ 20 ampere = 0.185 atau 0,2 ohm. Jadi ente ga bole make coil yg resistensinya dibawah 0,2 ohm. Pakai 0,3 0,4 0,5 ohm.

Bahaya, mau yg make pro sekalipun. Kita gatau kualitasnya, gatau diuji atau ngga, yg jelas ga baik dipake. Jangan asal murah aja, murah tp bahaya buat ente buat apa

Bukan masalah harga
? Cobalah mas lebih total dalam mengedukasi

Gan klo ngecas di mod nya bahaya gx apakah ada efek nya agan

Mod Dagger aman gag gan?
Ad yg pernah bermasalah?

gan saya ada batre mxjo 2 buah saya cas pake cas taffware model powerbank ga mau masuk gan padahal sudah saya tunggu 4 jam sebaiknya saya ganti cas casan atau memang mod saya yang rusak?

mau tanya gan

gua pake Subzero meka , batre samsung ICR 18650
kira2 aman ngga ya ?
bagusnya gimana gan ?
dan ohm subzero brp?

mau tanya gan

gua pake Subzero meka , batre samsung ICR 18650
kira2 aman ngga ya ?
bagusnya gimana gan ?
dan ohm subzero brp?

Hay gan mohon pencerahan sy newbie se newbie newbienya ..
Kira kira vapor vgod ori berapaan ya harganya ? Liat di online mulai 100san lebih tpi mau beli takut clone

Gan mau nanya. lilitan,diameter, dan kawat yg recommended biar asap lebih ngebul untuk vgod mecha gmn?

kalo tesla terminator gmna bang??? aman??

Misi numpang nannya nih vgod dengan btrai awt aman ga gan?

Gan saya mau nanya gimana kalo mod pake 2 batre yang berbeda?
Mohon tanggapannya

Bang,saya baru pemula, saya minta saran betrai yg bagus buat mecha yg gimana ya? Soalnya kan mecha ga pake chip (ga tau watt nya brp) , sedangkan betrai kan dia memiliki Vtc yg beda2? Respon min

Gan mod ane envii loch ness udh upgrade firmware terbaru, coil 0.20 ohm rda druga maen kisaran 80 watt masih itungan aman ga?

Kalau batrai lecet...masih layak digunakan gak kak

Plastik batrai saya,saya lepas,setelah lepas,saya pakai tiba tiba keluar asap dri batrai tersebut,langsung saya cabut dri mod saya,jdi menurut anda,apakah mod saya baik baik saja?

Untuk mengetahui batre awt black ori atau kw gimana gann. Karna sedengar saya ada yg kwnya yg mudah panas . itu giman caranya membedakannya ?

Bantu jawab ya gan
Modnya aman aja selagi ganti batrai dan dan pas di coba gak ada masalah sama penguapan berarti aman

Cari dlu di google yg asli trus bandingkan sama yg anda beli
Klo ngerasa beda

Jngn di beli

Cari dlu di google yg asli trus bandingkan sama yg anda beli
Klo ngerasa beda

Jngn di beli

This comment has been removed by the author.

jangan lupa singga di
http://idnsakong69.blogspot.com/

Itu namanya Vape hybird agan,atau kalo sebutan orang awam nya tipe Vape semi Mechanical, begitu gan

Gan penyebab baterai dekok ke dalam d bagian (+) positifnya karna apa yaa?
Btw saya pake tesla Inv3 ..

Om maaf agak di luar topik,
Kalo kita beli atomizer second/bekas dari orang yg tidak kenal sebelumnya (bukan saudara/temen), kira2 aman ga ya? Ada kemungkinan tertular penyakit dari user sebelumnya?
Mungkin ada tips untuk atomizer second/bekas.
Terima kasih Om..

Mau nanya nih min. Tesla terminator ganti pake rda rabies aman ga ya? Mohon dijawab yg udh berpengalaman

Gan tanda betrai bocor itu gmna?

Gan mau nanya nih ... Vgod punyaku sleeve yang di dalam mod hilang ... Aman gak klo di pakai

Mas kalo beda jenis batrai problemnya apa aja ya mas? Bisa memungkinkan meledak?

Mas.... Mau nanya... Apa bahaya ny kalo sering ngecas di mod mas? Mohon pencerahan ny tq

Mas.... Mau nanya... Apa bahaya ny kalo sering ngecas di mod mas? Mohon pencerahan ny tq

Saya mau beli mecha nih bos. Tapi batre clone. Aman gak bos?
Dan satu lagi. Saya ribet kalau bawa vape berat berat. Saya mau cari mini mod. Tapi yg 250-300 rbu. Apa ya?

Om sy punya vape mecanical
Tapi atomizernya bcor bahaya gkk

GAN ANE MAU NANYA BANYAK GPP YA HAHAH
1 ane kan ada vape tesla invander,sama isitcik pico 75 wat gan nah ane pake rda goon kalo di pasang di invander ngangkat nah masalahnya kalo di pasang di istick pico asepnya ngebul didalem rdanya gan? Kalo di isep dikit banget:( mohon pencerahannya gan����

Saya pake terminator tesla.. RDA pake DRUGA.. tp saya pake 1 coil . Jadi hanya sebelah han.. aman kah ?

Gan smoant batlestar aman ga? Ane pemula mhon masukanya suhu

Mas kalau vapourny diisep trs menerus bisa meledak gk y? Sy denger denger klk keseringan diisep meledak dan ktny hrs ad jedany? Ap itu benar mas? Maaf sy msh pemula soalny br pindah ke vapor


EmoticonEmoticon