Tuesday, October 18, 2016

Jenis kawat untuk coil pada vapor

Jenis kawat yang biasanya digunakan untuk membuat coil pada vapor. Penggunaan kawat untuk dibuat coil pada vapor perlu mendapatkan perhatian khusus karena kawat inilah yang akan memanaskaan liquid agar menghasilkan uap yang kita hisap. Kawat yang digunakan untuk coil ini akan mempengaruhi flavour yang dihasilkan serta apakah berbahaya bagi kesehatan atau tidak. Untuk itu anda perlu mengetahui jenis kawat yang digunakan untuk coil pada vapor. Pengganti kawat kanthal 

Kawat yang digunakan bukanlah kawat sembarangan yang biasanya digunakan untuk mengawati peralatan dirumah anda. Kawat yang biasanya diual di toko bangunan tersebut tidak cocok untuk dijadikan coil vapor karena kawat tersebut mudah meleleh dan ketika dipanaskan akan mengahasilkan zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan anda. Secara umum kawat yang digunakan untuk membuat coil adalah kawat khantal, tetapi banyak juga kawat pengganti kawat kanthal ini. 

Jenis kawat untuk coil pada vapor

Ukuran kawat dinyatakan dalam gauge, atau AWG (american wire gauge). Semakin kecil angka gauge nya, semakin tebal kawat nya. Semakin tebal kawat maka nilai ohmnya semakin kecil. Ukuran yang sering digunakan adalah 24, 26, 28 AWG. 

Berikut ini adalah jenis kawat yang digunakan untuk coil vapor: 

1. Kanthal 
Kanthal merupakan jenis kawat yang paling umum digunakan untuk membuat coil. Kanthal juaga ada tingkat-tingkatannya dan yang paling sering digunakan adalah khantal A-1. Khantal A-1 terbuat dari FeCrAl alloy (iron-chromium-aluminium alloy) yang terdiri dari Fe (Iron/besi), Cr (chrom) dan Al alloy (aluminium). Sebelum maraknya penggunaan kanthal dijadikan coil pada vapor, kawat ini biasanya digunakan untuk elemen pemanas listrik di tungku suhu tinggi sebagai perlakuan panas, keramik, kaca, baja, dan industri elektronik. 

Kanthal memiliki daya tahan paling bagus. Dapat digunakan pada suhu sampai 1400°C (2550°F) Tingkat leleh. Pemakain pada vapor bisa digunakan di mode power/ wattage. Kekurangan kawat kanthal adalah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk panas saat kondisi dingin, setelah beberapa jam tidak digunakan sehingga akan membutuhkan waktu milisecond sebelum bisa melakukan puff. Serta kekurangan berikutnya adalah membutuhkan waktu beberapa detik untuk dingin saat kondisi panasa, sehingga liquid akan tetap menguap. 

2. Nickel 
Nickel memiliki titik leleh yang lebih rendah dibanding kanthal. Bila dipanaskan pada suhu tertentu akan mengeluarkan zat beracun dan carsinogen bernama Nickel oxide (NiO). NiO akan keluar ketika Nickel dipanaskan pada suhu 400oC atau sekitar 752oF  NiO ini dapat menyebabkan timbulnya penyakt kanker. Oleh karena itu Nickel hanya disarankan pada mod yang memiliki mode TC (temperature control) untuk menghindari panas berlebihan (tidak lebih dari 600oF . Kelebihan kawat nickel ini adalah waktu untuk memanaskan dan kembali dingin lebih cepat dibandingkan kanthal. Nah Jenis kawat yang digunakan pada vape menggunakan Ni200.

3. Titanium 
Titanium atau Ti. Sebenarnya sama seperti Nickel, kawat ini apabila dipanaskan pada suhu tertentu akan mengeluarkan zat bernama Titanium Dioxide atau Titania (TiO2) yang dapat menyebabkan kanker. Zat ini akan mucul saat titanium dipanaskan hingga 600oC atau 1112oF  Biasanya titanium tidak digunakan sendiri sebagai bahan utama coil. Melainkan sebagai bahan gabungan dari kawat lain. Sehingga dikenallah istilah coil twisted, clapton, alien clapton dan lain sebagainya. Titanium ini sebaiknya digunakan pada Mod yang memiliki mode Temp TI (temperature titanium). Keunggulan titanium adalah flavor yg dihasilkan adalah murni flavor dari liquid.

4. Nichrome
Kawat Nichrome (Ni80) adalah kawat yang terbuat dari campuran 80% nickel and 20% chromium. Sedangkan Ni200 adalah murni Nickel. Kelebihan nichrome dibandingkan kanthal adalah panas lebih konstan dan tidak mengandung besi sehingga tidak melekat dengan magnet.  Batas penggunaanya sampai suhu di bawah 1250C. Wire Ni80 bukan untuk TC seperti halnya khantal,  karena Kanthal dan ni80 memiliki nilai tahanan yang relative sama pada temperature yang berbeda

5. Stainless Steel (SS)
Kawat SS ini hampir sama dengan kanthal, Sayangnya stainless ini akan mempengaruhi flovor liquid. Serta ada kuga yang mengatakan bahwa kawat SS 316L/317L Wire mengandung Manganese yang bersifat racun untuk tubuh kita walaupun kandungannya hanya 1-2.5% (Benar tidaknya saya tidak tahu). Keunggulan stainless adalah lebih tahan lama di banding kanthal. Harga kawat stainless paling murah di bandingkan dengan jenis kawat-kawat yang lain jenis lain. 

Urutan Kawat dengan asumsi nilai AWG sama dari resistensi tertinggi ke rendah adalah Khantal --> Ni80 --> Titanium (Ti) --> Nickel (Ni200).

Semoga setelah anda membaca tentang jenis-jenis kawat yang digunakan untuk membuat coil vapor, anda dapat menentukan pilihan terbaik jenis kawat yang akan dipakai. Apabila dalam informasi ini ada kekurangan mohon di koreksi.

57 comments

Mantap bro, tadinya mau coba jenis wire selain khantal tapi karna masih awam mending di khantal dulu aja deh, penjelasannya jelas dua jempol buat ente bro

Iya bro, buat pemula saya menyarankan pakai khantal dulu aja.

Baru faham juga mode mode titanium ss dsb begitu toh ceritanya...mantap

Thanks min info nya, gua udah pake kawat nickel, tau nya beracun

Makasih bro infonya, izin share yakk ane cantumin sumbernya hehe

Pake kawat kabel gak bisa ya bro?

jangan sembarang pake kawat kabel om, resiko buat kesehatan, mending beli yang pasti2 aja

Gan kl beli alat coiling dmna ya selain di vape store

gan, kalo mecha mod paling safe pake kawat apa ya?? makasih sebelumnya

bisa bro, kalau kawat kabelnya dari tembaga bisa dijual terus buat beli liquid. haha

Tokopedia atau bukalapak banyak yang jual gan

mau tanya nih gan, ada rekomendasi berapa ohm gak untuk jenis2 kawat diatas?

Kalau merek dari kanthal, apa yang bagus?

Mau tanya nie bro, kawat ane nichrome, kalo buat ukuran 3, lilitannya brp ya

Kurang tau saya gan, gak pernah merhatiin. saat coilling tampilannya di buat celsius atau farenhait aja. Tinggal di lihat apakah suhunya melebihi atau tidak

Khantal A1 merk UD, Geekvape ataupun yang lainya. Itu sering digunakan karena emang dibuat untuk vape

Sekian banyak jenis coil vapor, yang paling aman coil apa ya ?? Supaya tidak ada zat berbahaya apa pun dari coil tersebut jika di panaskan. Dan untuk pemakaian mode power, tingkat keamanan nya main di Watt berapa ya ? Agar coil tersebut tidak terlalu panas dan agar tidak ada zat berbahaya yang keluar. Terimakasih

kalo nickel dan nickel chromium (nichrome) beda apa tidak?kalo beda perbedaannya apa ya?

Tipe wire nichrome 80 sama aja dgn nikle bukan om ?

Kurang tahu saya gan. Dari pada asal2'an jawab dan malah bikin orang terjerumus. hehe. Ketika udah gosong atau berkerak menurut saya itu sudah tidak sehat gan.

Nickel yang dimaksud disini Ni200 (murni nikel) sedangkan nichrome adalah Ni80. Perbedaanya untuk mode TC dan Watt

Beda om, Ni80 itu campuran antara nikel dan cromium sedangkan Nikel di sini yang dimaksud Ni200 yang pure nickel

Kira kira harga khantal a1 brapa mim

Gan klo buat subox mini pke kawat yg brapa AWG ya?

Broo... Ni80 bahaya buat kesehatan gak?
Kalo nickel dari statement diatas bahaya tuh..

bos,terima jasa setting coil kangertech drip box? saya masih awam utk memasang nya,karena saya pernah beli kawat coil yang beredar di toko online utk menggantikan kawat bawaan pabrik ternyata gagal terus,jika memang anda bisa bos bisa di infokan alamat nya

statement yang mana ya bro? Ni80 apa Ni200 yang si bro maksud?

Klau ngecer sekitaran 10 ribu gan

bro mau tanya mff newbie nih hehe, mod pico + rda tsunami 22mm agar flafornya dapet banget sama kebulnya banyak tips nya gmna?

Kalo pakek kawat solder bisa gak gan?

Suhu..kalau untuk TC lebih tepat pakai kawat jenis apa?

biar waktu abis ganti kawat nda bau kawat sama bau kapas baru gimana gan?
thanks

Om, mw nanya. So far sy paje Ni80 dr vaportech dan sy rasa puas. Rencana nyari yg 36 awg untuk di buat clapton atau kawat sejenisnya.
merk vaportech kan gda yg 36, klo yg mirip vaportech apa ya om ?

Gan klo mau pke coil alien/sejenisnyaa mod jadii cepet panass.. solusinya gmna tuhh. Atau masalahnya di batre atau gmna?

Nahh biar galak firing nyaa mke batre yg gmna bro?

Gimana caranya biar setingan ohm kecil menggunakan kawat khantal 26

Gimana caranya supaya settingan ohm balik lagi kecil dengan khantal 26 utk vpor tarrot..
Thanks

kalo mau dibuatin, main2 aja bang kerumah ane, japri aja di 083813313097.
gratis, asal bawa bahan nya sendiri ya

pake dual coil 6lilit diameter 2,5mm rapet ya.

dual coil apa single coil?
kalo pake dual coil 5lilit diameter 2,5mm.
kalo single coil pake 4lilit diamete 2mm

Min mau nanya ane msh nubie nih, punya mod elektrik sigelei+rda druga, coil yg bagus apa ya min n ukurannya brp?? Dan biar aman main nya di watt atau pake mode Tc min?? Mohon pencerahan min.Thx

om mau nanya
kalo dual coil pake Ni200 22 AWG biar kena 0.5 ohm diameter 3mm berapa lilit yah

ane dapet saran kalo TC Ni200, titanium, SS gan

gan saya pemula udah beli laisimo L1, untuk kawatnya pakai apa dan ukuran brp, sama batre baiknya pakai apa gan? trims gan mohon pencerahannya

Gan kawat yg bagus buat rta kangertach apa ya bro

Bo.. bukannya stainless steel itu yang grade safety-nya A+ ya? Khantal B+, Khantal ada aluminium yang katanya justru bikin alzheimer.

Om saya pake kangertech dripbox.pakai coil apa dan brp lilitan yang biar terasa liquid nya


EmoticonEmoticon