Saturday, October 1, 2016

Macam Charger Baterai Untuk Vapor

Macam charger baterai untuk vapor. Seiring penggunaan vaporizer, daya yang terdapat didalam baterai akan berkurang yang menyebabkan uap dan flavor yang dihasilkan tidak optimal. Oleh karena itu sebaiknya beterai harus di charger terlebih dahulu. Biasanya mod vaporizer terdapat lubang usb yang dapat digunakan untuk mencharger. Tetapi dalam mencharger baterai lewat mod sebaiknya dilakukan jangan terlalu sering karena hal ini dapat menyebabkan chip atau betrai cepat rusak.

Dalam mencharger baterai vapor sebaiknya menggunakan charger eksternal. Banyak merk charger yang dijual di vape shop maupun toko online, dari yang harganya murah sampai yang mahal. Harga charger baterai vapor ditentukan dari kualitas barangnya. Semakin mahal harga charger kemungkinan kualitasnya juga semakin bagus dan waktu untuk menchargernya juga semakin cepat.

Ketika anda ingin membeli charger baterai untuk vapor, anda dapat mempertimbangkan berapa budget yang anda miliki dan memilih kualitas yang sesuai anda inginkan. Charger Battery 18650 18500 18350 14500 16340. Berikut ini adalah macam-macam merk charger dari harga yang murah sampai yang mahal. 

1. Charger Single Slot Universal 18650
Charger Single Slot Universal 18650
Charger ini dapat digunakan untuk 1 slot baterai yang dipasaran harga untuk jenis ini sekitar 20.000-30.00 rupiah. 

2. Charger Baterai 2 slot
Charger Baterai 2 slot
Charger ini bisa untuk mencharger 2 battery sekaligus yang dilengkapi dengan lampu indikator. Harganya sekitar 40.000-50.000

3. XTAR
charger Xtar Untuk baterai vapor
Xtar cukup dikenal dikalangan para vapers, karena charger dengan merk xtar mempunyai kualitas yang cukup bagus. Xtar menyediakan dari 1 slot, 2 slot sampai 4 slot dan terdapat berbagai macam seri. Untuk harganya dari 80.000 sampai 350.000 tergantung fitur dan berapa slot baterai. 

4. EFEST SODA
Charger baterai vapor Efest Soda
Charger efest soda kualitasnya juga dapat dikatakan bagus, karena memiliki firur-fitur yang banyak. Salah satunya adalah kettika baterai sudah penuh, charger ini akan menghentikan pengisian energi ke dalam baterai. Harga untuk charger di atas sekitar 150.000 rupiah.

5. MXJO
Charger baterai vapor MXJO
Untuk anda yang mencari charger untuk 3 slot baterai dapat menggunakan charger merk MXJO ini. Harga dipasaran sekitar 350.000 rupiah. Charger baterai ini sangat cocok sekali dengan baterai MXJO, karena satu merk.

6. NITECORE
Charger baterai vapor Nitecore
Nitecore merupakan charger yang sangat terkenal untuk mencharger baterai vapor anda. Nitecore juga mengeluarkan berbagai seri seperti Xtar. Dari pengalaman para vapers, Charger ini lumayan cepat untuk mengisi baterai sampai penuh, sekitar 3-4 jam. Untuk harganya mulai dari 200.000 sampai 350.000 rupiah, tergantung dari seri ataupun berapa slot baterai.

Saran: Untuk anda yang ingin membeli charger sebaiknya memilih charger yang kualitasnya bagus, terdapat fitur stop charging ketika baterai full, sehingga baterai tidak cepat rusak. Jangan hanya karena alasan harganya murah tapi malah merusak baterai.

Tips memilih charger yang baik
Ciri-ciri charger Li-ion yang baik digunakan :

  1. Mempunyai fitur CC/ CV (constant current/ constant voltage) atau minimal dapat mensimulasi CC/ CV.
  2. Fase 1 : Mengeluarkan tegangan variable, Namun dengan arus yang konstan sesuai dengan yang tertulis dichargernya (misalnya 0.5A, 1A). Ini disebut fase Constan Current.
  3. Fase 2 : Setelah tegangan didalam baterai sampai pada voltase 4.2V, maka charger menstabilkan tegangan dan terus menahan tegangan baterai pada 4.2V agar tidak over voltage, lalu secara perlahan menurunkan dayanya sampai tahap terminasi. ini yang disebut fase Constant Voltage.
  4. Termination Current yang baik adalah senilai 100ma kebawah. Semakin kecil nilai terminasi, semakin lama durasi pemakaian baterai, karna daya baterai semakin terisi penuh.
  5. Temperature baterai tidak terlampau panas saat diisi. (Dibawah 50c)
  6. Apabila charger mempunyai fitur trickle charging, maka sebaiknya dipilih yang mempunyai arus dibawah 0.5ma agar baterai tidak overcharge. (kaskus)

Untuk informasi selengkapnya anda dapat mencarinya di website resmi charger tersebut. Semoga dengan adanya artikel tentang macam-macam merk charger baterai untuk vapor ini dapat menjadi bahan pertimbangan saat anda ingin membeli charger.


EmoticonEmoticon